Ad imageAd image

Dampingi Salat Iduladha Presiden Jokowi, Pj Gubernur Jateng Berkurban 2 Ekor Sapi Simental

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 55 Views
2 Min Read
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menunaikan salat Iduladha bersama Presiden Joko Widodo di Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang, Kawasan Simpang Lima, Senin (17/6/2024). (Foto: Pemprov Jateng)

INDORAYA – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana menunaikan salat Iduladha bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang, Kawasan Simpang Lima, Senin (17/6/2024).

Dalam pelaksanaan salat Iduladha, Nana dan Jokowi berada di barisan depan. Di shaf tersebut juga terdapat para pejabat lain seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Selanjutnya ada Kabinda Jateng Brigjen TNI Andi Sulaiman serta Sekda Jateng Sumarno. Sementara Wali Kota Semarang berada di shaf perempuan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana.

Jalannya salat Iduladha di Simpanglima berjalan khusyuk dan tertib. Bertindak sebagai imam salat adalah pengasuh Ponpes Nurul Qur’ani Semarang, KH Zainuri Ahmad. Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari didapuk menjadi khotib.

Seusai salat, Jokowi didampingi Nana Sudjana sempat menyapa masyarakat yang hadir. Keduanya kemudian menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Presiden Jokowi memberikan hewan kurban berupa seekor sapi jenis simental dengan berat sekitar 1.250 kilogram. Rencananya sapi kurban dari Jokowi tersebut akan disembelih pada hari Selasa (18/6/2024) di Islamic Center Manyaran, Semarang.

“Ada amanah kepada kami dari Presiden, sapi untuk disembelih dan dibagikan. Ini pengalaman pertama menyembelih sapi yang besar,” kata Ketua Yayasan Masjid Baiturahman, Ahmad Darodji, usai menerima secara simbolis kurban sapi dari Jokowi.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memberikan kurban dua ekor sapi jenis simental. Yaitu seekor sapi bernama Manggala dengan berat hidup 832 kilogram diserahkan kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Seekor lagi bernama Sambara dengan berat hidup 775 kg diserahkan kepada panitia Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang. Saat ini kedua sapi kurban itu sudah berada di Islamic Center Semarang dan akan disembelih pada hari Selasa (18/6/2024).

“(Semua daging kurban) akan bagikan kepada seribu lebih masyarakat. Terdiri atas yatim piatu yang akan kita bagi langsung, dan lainnya mengambil sendiri (menukar kupon di Baiturrahman),” ungkap Darodji.

Share this Article