Ad imageAd image

Cuaca Ekstrem di Masa Lebaran, BPBD Semarang Minta Pemudik Selalu Waspada

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 920 Views
2 Min Read
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Endro P Martanto. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang berpotensi masih terjadi hingga Hari Raya Idulfitri atau Lebaran tahu 2024. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang meminta pemudik untuk selalu waspada.

“Saya hanya mengingatkan bahwa cuaca ekstrem ini masih akan terjadi sampai minggu depan, bahkan sampai lebaran,” kata Kepala BPBD Kota Semarang, Endro P Martanto di Posko Mudik Lebaran Bukit Gombel, Rabu (3/4/2024).

Dia bilang, pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkit perkembangan dan potensi cuaca ekstrem setiap saat, termasuk hingga Hari Lebaran nanti.

BACA JUGA:   Sikap UNNES dan UIN Walisongo Semarang Soal Dugaan Mahasiswanya Gelapkan Uang Arisan Rp 2 Miliar

“Kita selalu punya update BMKG, (apakah) kapasitas cuaca ekstrem ini adalah hujan lebat disertai angin,” ungkap Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang tersebut.

Lebih lanjut dia mengimbau kepada para pemudik, khususnya yang mengendarai sepeda motor untuk selalu waspada dan hati-hati. Baik pemudik maupun kendaraan harus dalam kondisi fit dan sehat.

“Tentu pemudik utamanya yang menggunakan motor saya mengimbau siapkan dulu kondisi harus sehat, prima, di samping kendaraan harus sehat,” imbau Endro.

“Safety drive (keamanan berkendara) 3 jam istirahat, jangan dipaksakan. Untuk saat ini para pemudik memperhatikan faktor cuaca,” imbuh dia.

BACA JUGA:   Selamat! 5 Mahasiswa UPGRIS Borong Medali Pencak Silat Tingkat Jateng

Di luar itu, BPBD Kota Semarang juga telah membuka Posko Terpadu Mudik Lebaran 2024 di Bukit Gombel, Jalan Setia Budi, Kelurahan Ngesprep, Kecamatan Banyumanik.

Posko ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan pelayanan, meliputi toilet portabale, mobil ambulance dan tenaga medis, serta tempat untuk beribadah yang sedia selama 24 jam.

“Tidak kalah ketinggalan ada dapur umum kita stay 24 jam, ada snack, kopi, panas, makanan seadanya sederhana, yang terpenting tersaji 24 jam. Dan pijat elektrik juga ada,” tandas Endro.

BACA JUGA:   Masa Kampanye, Mbak Tunjung Ajak Relawan Kenalkan Program Unggulan Prabowo-Gibran
Share this Article
Leave a comment