Ad imageAd image

Cilacap Bakal Punya Pelabuhan Perikanan Terbesar di Selatan Jateng

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 772 Views
2 Min Read
Anggota DPD RI Jawa Tengah (Jateng), Abdul Kholik saat ditemui Indoraya. News, Kamis (16/3/2023). (Foto: Dickri Tifani Badi/Indoraya)

INDORAYA – Anggota DPD RI Jawa Tengah (Jateng), Abdul Kholik membeberkan wilayah Kabupaten Cilacap Jateng bakal ada pelabuhan perikanan terbesar di pesisir selatan Jateng. Rencana itu membuat dirinya yakin bahwa wilayah Jateng memiliki kekuatan dua fundamental, yakni agro dan maritim.

Nantinya, jelas Abdul Kholik, pelabuhan tersebut bakal menjadi satu-satunya simpul pelabuhan di pesisir selatan Jawa yang akan menyangkut wilayah-wilayah mulai dari Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Aceh.

“Di sana potensinya sangat luar biasa yang belum dioptimalkan. Rencana pembangunan kedepan, Cilacap akan menjadi central pelabuhan perikanan terbesar di wilayah Jawa, Bali, NTT, sampai Aceh,” jelas Senator Jateng alumni Unsoed Purwokerto, UI Jakarta, dan Unissula Semarang ini, saat ditemui wartawan Indoraya, Kamis (16/3/2023).

Potensi yang sudah ada di Kabupaten Cilacap, Abdul Kholik meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Cilacap untuk segera merespon peluang yang ada dengan memasukkan kebijakan pembangunanya jangka pendak atau panjang.

“Peluang ini, Pemda Cilacap bisa masukan ke dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) maupun RPJPD (Rencana pembangunan jangka panjang daerah),” pintanya.

Selain itu, pihaknya menyarankan kepada Pemda Cilacap untuk segera membentuk badan usaha milik daerah bidang kelautan.

Di tambah pada Sabtu (11/3/2023), ia bersama Dirjen Kelautan dan Bupati Cilacap memastikan pelabuhan di Cilacap sudah ditandatangani terkait pembangunanya.

“Kami mendiskusikan dan memberikan saran bahwa Cilacap segera merubah atau menyesuaikan dengan peluang ini. Sehingga peluang maritim selatan masuk di dalam rangka kebijakan pembangunan Cilacap. Termasuk tadi secara operasional, perlu dibangun badan usaha milik bidang perikanan kelautan di Cilacap,” tuntasnya.

Share this Article
Leave a comment