Ad imageAd image

CEO PSIS Yoyok Sukawi Siap Maju Wali Kota Semarang, Bakal Sowan Sesepuh

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 2 Views
3 Min Read
CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi. (Foto: istimewa)

INDORAYA – CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengaku siap maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang tahun 2024 mendatang. Yoyok juga bakal bersilaturahmi dan sowan ke sesepuh.

Diketahui pria kelahiran 1978 tersebut merupakan anak dari mantan Wali Kota Semarang periode 2005-2010, Sukawi Sutarip. Saat ini Yoyok menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I.

“Iya (maju Wali Kota Semarang). Bismillah,” kata Yoyok saat dihubungi awak media, Rabu (1/11/2023).

Yoyok mengaku akan mendekatkan diri kepada konstituen dan masyarakat. Termasuk pula silaturahmi kepada para sesepuh hingga tokoh masyarakat di Kota Semarang.

Dia mengklaim, masyarakat menyambut baik pencalonannya sebagai Wali Kota Semarang. Yoyok juga mengklaim bahwa ekstabilitasnya juga cukup tinggi.

“Alhamdulillah sekarang tanggapanya baik di masyarakat. Populatitas juga cukup tinggi, dan itu semua jadi modal baik untuk Pilwakot Semarang nanti,” ungkapnya.

Meski begitu, untuk saat ini dirinya tidak menjadikan hal itu sebagai fokus utama. Yoyok bersama kader Demokrat di Jawa Tengah masih fokus pada pemenangan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Ya kalau itu (persiapan) saya rasa masih lama. Karena kita juga masih menghadapi pemilu legislatif dan pemilu presiden, partai pasti akan menentukan sikap setelah Pileg dan Pilpres kan?,” katanya.

Dia menyebut, untuk pencalonan sebagai Wali Kota akan dibicarakan usai Pileg dan Pilpres 2024. Namun Yoyok mengaku saat ini intens berkomunikasi dengan sejumlah elit partai di Jateng.

“Tapi pada intinya, ya semua partak kita komunikasi. Komunikasi terus, intenst. Semuanya, enggak hanya dari Koalisi Indonesia Maju (KIM),” tandas CEO PSIS Semarang tersebut.

Sementara itu, Luluil Maknun (25), warga Kelurahan Rowosari, Tembalang, mengaku mengenal Yoyok Sukawi sebagai CEO PSIS Semarang dan juga Anggota DPR RI. Dia menilai bahwa Yoyok cukup terkenal di Kota Lunpia lintas generasi.

Menurutnya, generasi tua mengenal Yoyok karena ayahnya, Sukawi Sutarip ialah Wali Kota Semarang periode 2005-2010. Yoyok dikenal di kalangan generasi muda, khususnya pecinta bola karena CEO PSIS Semarang.

“Kayaknya berpeluang juga istilahnya hubungan dengan orang tua paham kenal dengan dia karena Pak Sukawi menjabat Wali Kota Semarang. Generasi muda, apalagi fans-fans PSIS sangat fanatik mungkin itu menarik juga sih,” kata Lulu, pekerja swasta di Kota Semarang.

Share this Article