Ad imageAd image

Cek Tol Kalikangkung, Menhub Sampaikan soal Liburan Lebaran hingga Balon Udara

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 704 Views
2 Min Read
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan petugas dalam menghadapi arus mudik dan arus balik di Tol Kalikangkung, Rabu (3/4/2024) sore. (Foto: Polda Jateng)

INDORAYA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan petugas dalam menghadapi arus mudik dan arus balik di Tol Kalikangkung, Rabu (3/4/2024) sore.

Dalam pengecekan tersebut, Budi didampingi Jenderal Listyo Sigit, Menko PMK Muhadjir Effendy, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi serta Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi.

Usai mengecek, Menhub meminta kepada masyarakat yang hendak berlibur Lebaran 2024 di tempat wisata untuk bisa mematuhi dua hal, yakni memilih bus yang sudah dilakukan pemeriksaan kendaraan atau ramp check.

BACA JUGA:   Ribuan Kasus DBD Terdeteksi di Jateng, Dinkes Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Selain itu juga sopir bus yang akan membawa wisatawan juga perlu adanya izin dari pihak Dishub dan jajaran kepolisian setempat.

Menurut dia, hal tersebut merupakan salah satu upaya antisipasi karena moda transportasi bus banyak digunakan untuk perjalanan ke destinasi wisata.

“Para wisatawan seyogyanya ada dua hal, pilihlah bus yang sudah di ramp check, sopir yang sudah diberikan izin. Apabila menggunakan bus-bus tersebut, kemarin Pak Kapolda dan Pak Kapolres akan memutar balik dan tidak melanjutkan perjalanan, karena sangat berbahaya,” ujar Budi.

BACA JUGA:   Pemprov Jateng Tegaskan Pengiriman Ratusan Ekor Anjing ke Solo Raya Ilegal

Tidak hanya itu saja, Menhub juga menyinggung soal truk sumbu tiga atau tronton yang paling banyak melintas di Jateng. Ia meminta kepada pengemudi dan pemilik truk itu agar bisa menaati peraturan selama arus mudik dan balik agar tidak melintas di wilayah Jateng pada tanggal 5-15 April 2024 atau selama masa mudik Lebaran 2024. Hal ini dilakukan demi kelancaran arus lalu lintas.

“Saya pikir kita akan menindak Tidak tegas jika ngeyel,” tegas Budi.

Terkait balon udara di Jateng juga disinggung oleh Menhub. Selain wilayah Pekalongan dan Wonosobo, Budi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan balon udara. Jika nekat, pihak kepolisian akan menindak tegas.

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrem Landa Jateng Hingga 9 Desember, Waspada Hujan Lebat Angin Kencang

“Yang ketiga balon udara, tadi juga sudah disampaikan oleh Dirlantas. Bagi mereka-mereka di luar Pekalongan, Wonosobo agar tidak melaksanakan karena itu perbuatan yang termasuk pidana,” paparnya.

Share this Article
Leave a comment