Ad imageAd image

Cegah Pencarian Cara Bunuh Diri, Google Pasang Fitur Khusus

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 752 Views
2 Min Read
Ilustrasi Google. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Google menghadirkan fitur baru sebagai upaya pencegah pencarian cara untuk bunuh diri. Fitur itu, berupa layar teks khusus yang berisi informasi bantuan.

Teks itu, akan muncul jika ada orang yang mengetikkan keyword cara bunuh diri di Google. Nantinya, layar akan menampilkan teks berisi himbauan si pencari untuk segera menghubungi orang yang dianggap dekat.

Informasi tersebut, juga akan tersambung kontak krisis bunuh diri yang ada di Amerika Serikat, 988 Suicide & Crisis Lifeline.

Adanya fitur ini, diharapka menjadi langkah untuk mencegah niat orang untuk bunuh diri. Sehingga mereka bisa langsung terhubung psikolog atau orang-orang yang bisa mereka percayai.

BACA JUGA:   Alasan Google Mendadak Akan Hapus Akun Gmail Akhir 2023

Google’s Director of Consumer and Mental Health, Megan Jones Bell, menyampaikan orang-orang yang berada dalam titik kritis selalu sulit untuk mengungkapkan perasannya. Katanya, mereka juga akan bingung bagaimana caranya meminta bantuan.

“Cara yang kami berikan ini merupakan hasil kerja sama dari lembaga ahli Intenational Association for Suicide Prevention. Cara ini diharapkan bisa membantu orang-orang mendapatkan dukungan di saat-saat krisis,” jelas Megan Jones Bell dikutip dari laman The Verge, Selasa (16/5/2023).

Sementara itu, Google juga mulai menghapus konten yang mempromosikan gangguan makan di Youtube. Pihaknya bahkan menambahkan juga menambahkan informasi pusat-pusat bantuan di berbagai video yang terkait pada gangguan makan.

BACA JUGA:   Google Luncurkan Fitur Pemantau Cuaca Panas Ekstrem

Sementara itu, berdasarkan data statistik American Foundation for Suicide Prevention (AFSP) diketahui bunuh diri adalah penyebab kematian ke-12 di negeri Paman Sam itu. Angka kematian bunuh diri tertinggi terjadi pada 2020 yakni 45.979 kasus. Di tahun yang sama juga, terdapat 1,2 juta upaya bunuh diri.

“Sebanyak 93 persen orang dewasa yakin bunuh diri yang ada di Amerika Serikat sebenarnya bisa dicegah,” demikian tulis AFSP.

Share this Article