Ad imageAd image

Cegah Pelanggaran Pemilu 2024, Bawaslu Buka Pintu untuk Semua Partai

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 912 Views
2 Min Read
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terbuka untuk seluruh partai politik peserta Pemilu 2024.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Lolly Suhenty mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar komunikasi antara Bawaslu dengan parpol tetap terjalin.

Selain itu, kedekatan Bawaslu dengan parpol agar bisa memberikan pendidikan untuk publik.

“Ngopi-ngopi boleh, ngopi lah ke kantor Bawaslu Thamrin terbuka 24 jam untuk seluruh partai politik. Kantor Bawaslu provinsi, kabupaten/ kota terbuka 24 jam untuk partai politik,” ungkap Lolly, Sabtu (18/03/2023).

BACA JUGA:   Soal Bawaslu Usul Pilkada 2024 Ditunda, Gerindra: Repot dan Bahaya

Lolly menuturkan, keterbukaan Bawaslu dengan parpol sebagai langkah pencegahan agar parpol tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran pemilu.

Sebab, menurut dia selama ini banyak parpol yang bertanya soal pelanggaran pemilu ke Bawaslu.

“Tidak boleh ada partai yang merasa jauh dari Bawaslu. Karena kalau jauh dari Bawaslu, mau nanya aja mereka sungkan,” paparnya.

Namun, Bawaslu tetap memperhatikan sejumlah batasan agar kedekatan Bawaslu dan parpol tidak menimbulkan fitnah.

“Batasannya agar tidak menimbulkan fitnah jangan dilakukan di ruang gelap, tidak boleh di ruang tertutup, tidak boleh kemudian di ruang yang memungkinkan orang berasumsi buruk, itu enggak boleh,” jelasnya. .

BACA JUGA:   Disinggung Isu HAM Tiap Pemilu, Ini Jawaban Prabowo

Selain itu, ia mengingatkan jajarannya agar tidak tebang pilih untuk mendekati parpol peserta pemilu. Menurutnya hal seperti ini malah berbahaya bagi iklim demokrasi.

“Kami harus dekat dengan seluruh partai, yang tidak boleh kita dekat dengan hanya kepada sebagian partai. Termasuk kalau jauh, ya jauhnya sama. Tidak boleh yang satu dekat yang satu jauh,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment