Ad imageAd image

Cegah Abrasi, Kodim Jepara Gandeng Masyarakat Tanam Mangrove di Pantai Bulakbaru

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 952 Views
1 Min Read
Cegah Abrasi, Kodim Jepara Gandeng Masyarakat Tanam Mangrove di Pantai Bulakbaru. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kodim 0719/Jepara bersama masyarakat melakukan penanaman mangrove di sepanjang Pantai Bulakbaru, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) untuk mencegah abrasi pantai setempat, Senin (15/05/2023).

Penghijauan yang diprakarsai oleh Kodim 0719/Jepara itu, dihadiri oleh Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Muhammad Husnur Rofiq dan Sekda Jepara Edy Sujatmiko dan Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Komandan Kodim 0719/Jepara Mukhamad Husnur Roriq mengatakan penanaman mangrove dilakukan di lahan seluas satu hektare di kawasan Pantai Bulakbaru.

“Setidaknya 700 bibit mangrove ditanam dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Ia mengungkapkan penanaman mangrove ini tidak hanya melibatkan TNI melainkan juga ada unsur forkopimda, polisi, pelajar, pemerintah desa dan kecamatan.

“Ini bagian dari kegiatan serentak se-Indonesia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Dengan melibatkan banyak unsur dalam penanaman mangrove, imbuh dia, untuk menegaskan bahwa semua elemen ikut menjaga kawasan pantai dari ancaman abrasi.

Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko mengharapkan penanaman ini menggugah kesadaran semua elemen masyarakat untuk mencegah terulang abrasi di garis pantai manapun.

“Kami punya kenangan buruk tenggelamnya Desa Bulak. Jangan terkenang lagi. Adanya Desa Bulakbaru ini karena relokasi dari Desa Bulak yang terkena abrasi itu,” ujarnya.

Share this Article
Leave a comment