Ad imageAd image

Cara Jaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 975 Views
3 Min Read
Ilustrasi orang olahraga (Istimewa)

INDORAYA – Beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami cuaca ekstrem. Untuk itu kita harus jaga kesehatan.

Pagi hingga jelang siang hari hujan kadang disertai angin kencang seolah tidak akan berhenti. Tapi, memasuki sore hingga malam hari, cuaca berubah jadi cerah. Ataupun sebaliknya.

Kondisi ini terjadi saban hari. Dengan cuaca yang berubah sangat ekstrim ini, daya tahan tubuh bisa turun. Efeknya, tubuh jadi mudah sakit, demam, dan meriang.

Untuk itu, penting untuk tetap menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit saat cuaca ekstrem. Berikut cara agar tetap sehat selama musim cuaca ekstrem di Indonesia:

BACA JUGA:   Antisipasi Cuaca Ekstrem, Heri Pudyatmoko Ingatkan Pentingnya Konsistensi Mitigasi Bencana

1. Perbanyak Minum Air

Konsumsi air putih dengan takaran cukup sangat penting dilakukan. Saat Anda kekurangan cairan, maka akan mengalami dehidrasi. Saat dehidrasi tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Untuk wanita sedikitnya dibutuhkan air sebanyak 2,7 liter per hari. Sementara pria, membutuhkan lebih banyak yakni 3,7 liter air per hari. Anda juga disarankan minum air putih sebelum tidur dengan jumlah yang cukup.

2. Istirahat yang Cukup

Tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Tidur cukup, melansir berbagai sumber akan memberikan waktu untuk saraf dan sistem imun ‘mengisi ulang’ dan beristirahat. Dengan tidur atau istirahat yang cukup, maka tubuh bisa lebih berenergi dan sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:   BMKG Imbau Nelayan Waspada Gelombang Setinggi 2 Meter di Pesisir Pantura Jateng

3. Olahraga

Jangan biarkan cuaca tidak menentu menghentikan Anda bergerak. Meski hujan di pagi hari, Anda tetap bisa berolahraga di rumah, misal dengan senam atau lompat tali.

Ingat, olahraga adalah cara terbaik menjaga tubuh tetap kuat dan sehat. Jadi usahakan tetap pada rutinitas olahraga sebanyak mungkin meski cuaca sedang tidak menentu.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Makanlah sesuai dengan porsi dan selalu mengambil makanan yang lebih sehat. Melansir Hindustan Times, tubuh membutuhkan pasokan cairan yang konstan untuk bertahan melalui cuaca buruk. Makanan berat dengan karbohidrat dan lemak dalam jumlah besar justru menimbulkan banyak panas dalam tubuh.

BACA JUGA:   BMKG Waspadai Bahaya Cuaca Ekstrem, Hujan Deras Hingga Rob

Cara alami untuk tetap terhidrasi adalah konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung air. Misalnya jeruk, semangka, tomat, bahkan melon. Buah-buahan ini membantu menyeimbangkan suhu inti tubuh dan mencegah penyakit.

Itulah 4 cara mudah yang bisa dilakukan segera, untuk menghadapi ‘kehidupan’ di wilayah cuaca ekstrem di Indonesia yang tidak menentu.

Share this Article
Leave a comment