Ad imageAd image

Candi Borobudur Dipersiapkan Jelang Perayaan Waisak 2023

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 736 Views
2 Min Read
Candi Borobudur. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Perayaan Waisak 2567 BE 2023 akan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dengan itu, kawasan candi tengah disiapkan dengan sejumlah penataan seperti pemasangan lampu pendukung kegiatan, pada Minggu (28/5/2023).

Selain area taman, seluruh tempat yang akan digunakan selama kegiatan Waisak 2023 juga mulai dipercantik. Kemudian ada pembersihan bangunan candi yang dilakukan para petugas Balai Konserevasi Borobudur (BKB)

Di sisi lain, pihak panitia kegiatan Waisak 2023 juga turut melakukan penataan tanaman untuk memperindah bangunan yang masuk dalam Word Heritage. Penataan taman serta pemasangan itu, akan diselesaikan dalam dua hari ke depan.

BACA JUGA:   Moment Ratu Elizabeth II Kunjungi Borobudur Tahun 1974

“Sekarang ini kita persiapkan untuk zona 1 altar pada acara Waisak. Kita mulai memasang lampu tembak atau sorot, lampu lainnya kita fokus di zona 2 yaitu di pengobatan gratis. Selain lampu, kita memasang 8 lampu sorot,” ujar Ahmad Saifudin, Tim Elektrikal Walubi, Minggu (28/5/23).

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Borobudur (BKB), Yudi Suhartono mengatakan pihaknya telah melakukan pembersihan kawasan Candi Borobudur dalam beberapa hari, termasuk persiapan di altar.

“Dari panitia juga mulai hari ini persiapan di altar. Seperti biasa ditahun tahun sebelumnya. Dibangun tenda sesuai dengan SOP dan dilakukan secara bertahap,” jelas dia.

BACA JUGA:   Umat Buddha Berjalan dari Candi Mendut ke Borobudur JJelang Waisak

Sebagai informasi, perayaan Waisak tahun ini mengangkat tema “Aktualisasi Ajaran Budha Dharma di dalam Kehidupan Sehari-hari” akan dimulai pada 30 Mei. Kegiatan itu, akan diawali pengobatan gratis, sementara puncak detik detik Waisak berlangsung pada 4 Juni pukul 10.41.19 WIB.

Share this Article
Leave a comment