Ad imageAd image

Buka Pendaftaran Seleksi Mandiri, Unnes Sediakan Kuota 49 Persen

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 934 Views
4 Min Read
Ilustrasi mahasiswa UNNES terlihat sedang belajar kelompok di ruang publik, Selasa (24/6/2024). (Foto: Humas UNNES)

INDORAYA – Universitas Negeri Semarang (UNNES) resmi membuka pendaftaran seleksi mandiri (SM) bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke kampus negeri di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Sementara untuk kuota yang diterima jalur mandiri yaitu 49 persen atau 5.388 mahasiswa baru.

Kepala Humas UNNES, Rahmat Petuguran membenarkan bahwa kuota yang diterima itu sebanyak 49 persen. Di jalur mandiri, kata dia, ada tujuh jalur yaitu seleksi mandiri prestasi, seleksi mandiri kelas Internasional, seleksi mandiri reguler/ tes, seleksi mandiri nilai UTBK, seleksi mandiri kelas Internasional jalur UTBK, seleksi mandiri reguler 2 serta seleksi mandiri kelas Internasional gelombang 2.

“UNNES menawarkan 49 persen kuota yang dimilikinya, yaitu 5.388 mahasiswa baru,” jelas Rahmat kepada wartawan, Senin (24/6/2024).

Rahmat menjelaskan, pembagian jalur seleksi mandiri itu dilakukan agar bisa menjaring calon mahasiswa dengan berbagai bakat dan prestasi.

“Selain itu juga memberikan kesempatan yang adil bagi calon mahasiswa untuk memilih, sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki,” sambungnya.

Adapun, semua proses seleksi dilaksanakan secara daring atau online melalui situs unnes.ac.id/admission.

Dalam kesempatan ini, Rahmat berharap, tujuh jalur seleksi mandiri tersebut bisa meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di UNNES, dan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi para calon mahasiswa untuk meraih pendidikan tinggi yang berkualitas.

“Seleksi mandiri di kampus kami juga menerima mahasiswa pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Tahun ini UNNES menerima kuota 1.828 yang akan disalurkan kepada mahasiswa baik mahasiswa yang mendaftar melalui SNBP, SNBT, maupun seleksi mandiri,” paparnya.

Berikut penjelasan tujuh seleksi mandiri UNNES:

1. Seleksi Mandiri Prestasi

Seleksi Mandiri Prestasi merupakan seleksi mandiri untuk memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi nonakademik di sekolah di antaranya prestasi kejuaraan olahraga, seni, sains, dan prestasi keagamaan seperti hafidz Qur’an. Pendaftaran Seleksi Mandiri Prestasi UNNES pada 28 Maret- 28 Juni 2024. Jalur seleksi ini menjadi istimewa karena mahasiswa yang diterima melalui jalur ini tidak dikenakan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dan akan mendapatkan uang kuliah tunggal rendah, yaitu kategori 1 dan 2.

2. Seleksi Mandiri Kelas Internasional

Seleksi Mandiri Kelas Internasional adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) pada 27 Program Studi kelas internasional UNNES. Pendaftaran Seleksi Mandiri Kelas Internasional Gelombang 1 dibuka pada 27 Maret – 28 Juni 2024, dan Gelombang 2 pada 1 – 10 Juli 2024.

3. Seleksi Mandiri UTBK

Seleksi Mandiri UTBK adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan skor hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2024. Pendaftaran Seleksi Mandiri UTBK SNBT dibuka pada 17 Juni – 1 Juli 2024.

4. Seleksi Mandiri UTBK – Kelas Internasional

Seleksi Mandiri Jalur UTBK SNBT – Kelas Internasional adalah seleksi untuk 27 kelas internasional menggunakan skor UTBK tahun 2024. Seleksi ini menjaring calon mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) pada 27 Program Studi kelas internasional UNNES. Pendaftaran Seleksi Mandiri UTBK SNBT – Kelas Internasional UNNES dibuka pada 17 Juni – 1 Juli 2024.

5. Seleksi Mandiri Reguler Tes

Seleksi Mandiri Reguler Tes adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan tes berbasis komputer dan penilaian portofolio. Pendaftaran Seleksi Mandiri Reguler Tes Gelombang 1 dibuka pada 19 April – 5 Juli 2024 dan Gelombang 2 : 1 – 19 Juli 2024.

6. Seleksi Mandiri Reguler Tes Gelombang 2

Seleksi ini merupakan kelanjutan dari Seleksi Mandiri Reguler Tes Gelombang 1. Mekanisme yang digunakan melalui tes berbasis komputer untuk mengamokodasi calon mahasiswa yang belum terakomodasi melalui SM Reguler Gelombang 1.

7. Seleksi Mandiri Kelas Internasional Gelombang 2

SM Kelas Internasional Gelombang 2 dibuka dengan sasaran yang sama dengan SM Kelas Internasional. Hal ini diselenggarakan terutama untuk mengakomodasi calon mahasiswa yang belum terakomodasi melalui SM Kelas Internasional Gelombang 1.

Share this Article