Ad imageAd image

BPJT Lakukan Antisipasi Kepadatan di Jalan Tol Saat Libur Lebaran

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 131 Views
2 Min Read
ilustrasi arus mudik 2022 (dok. pixabay)

INDORAYA – Saat musim libur lebaran, diprediksi sebagian masyarakat akan memanfaatkan jalan tol untuk bepergian. Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT Ali Rachmadi, mengatakan sudah mulai berkoordinasi dengan beberapa pihak supaya tidak ada kepadatan.

“Kondisi tersebut sudah kita antisipasi bersama dengan setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait. Kami juga telah mengidentifikasi lokasi-lokasi yang kita sebut jalur pariwisata,” ungkap Ali, Selasa (3/5/2022).

Ia menjelaskan lokasi-lokasi tersebut adalah lokasi menuju tempat wisata yang ramai pada waktu dan di segmen tertentu.

BACA JUGA:   Mark Zuckerberg Akan Rilis Headset AR Pertamanya Pada 2024

“Lokasi jalur wisata itu adalah lokasi di mana biasanya pengguna jalan adalah keluarga yang ingin berlibur di suatu tempat tertentu,” jelasnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BUJT untuk penyediaan alat pengisi saldo uang elektronik dan penambahan petugas di tol.

“Jalan dan gerbang-gerbang tertentu, akan diantisipasi dengan penyediaan mobile reader dan menambahkan petugas untuk berjaga dalam hal lalu lintas terlalu padat,” katanya.

“Dalam beberapa kasus juga dimungkinkan untuk melakukan pengalihan arus kendaraan, pada exit terdekat sebelum maupun setelah exit yang seharusnya. Sehingga, kendaraan tidak menumpuk pada 1 titik exit tol tertentu,”tambah Ali.

BACA JUGA:   DPRD Semarang Rekomendasikan Ita Naik Jadi Wali Kota

Pihaknya juga senantiasa mengevaluasi skema-skema tersebut bersama dengan pihak terkait.

“Akan dilakukan evaluasi bersama dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat, sehingga arus lalu lintas limpahan tidak akan terkunci pada 1 titik saja,”kata Ali.(FZ)

Share this Article