Ad imageAd image

BPJS Ketenagakerjaan Segera Bangun Rusunawa untuk Buruh di Jateng

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 815 Views
3 Min Read
Ganjar Pranowo melakukan penyerahan ahli waris penerima manfaat BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: BPJS Ketenagakerjaan)

INDORAYA – Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo mengatakan pihaknya sedang merencanakan pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di wilayah Jawa Tengah. Tempat itu, dikhususkan bagi pekerja atau buruh yang telah menjadi peserta.

“Jadi tadi saya berbicara dengan Pak Ganjar, kita sudah melihat beberapa tempat di Kendal, Tegal, dan Magelang di mana bisa kita bangun rumah susun sewa bagi para pekerja sehingga mereka bisa memiliki rumah sewa yang dekat dengan tempat kerja. Dengan jarak tempuh yang lebih dekat, waktu mereka tidak habis di jalan sehingga produktivitasnya bisa meningkat,” kata dia.

BACA JUGA:   Bawaslu Jateng Awasi Verifikasi Faktual Kepengurusan DPW Partai Prima 

Sebelumnya, ia mengungkapkan terkait komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan produktivitas para pekerja. Salah satunya, kata dia, lewat penyediaan fasilitas permukiman yang layak, terjangkau, dan dekat dengan tempat kerja.

Hal itu, dinilai sejalan dengan harapan para buruh yang berdialog langsung dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dialog itu terjadi ketika peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) di Kota Salatiga.

“Ini cara peringatan Mayday yang bagus, mereka membuat acara yang menyenangkan. Tadi saya tanya mereka apa kebutuhannya. Ada cicilan rumah, transportasi, dan BPJS Ketenagakerjaan. Kita coba dorong lebih banyak tempat untuk buruh dibangun,” kata Ganjar.

BACA JUGA:   Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Basnaz Jateng Ajak Masyarakat Gemar Zakat dan Infak

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi turut mengapresiasi hadirnya BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung perayaan Mayday di Salatiga.

Saat ini, kata Sinoeng, baru 40 persen pekerja di wilayahnya yang memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Dengan itu, ia mengajak BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kolaborasi dengan Pemerintah Kota Salatiga.

Hal itu, diharapkan mampu membangun awareness dan kesadaran para pekerja terkait pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Hari ini BPJS (Ketenagakerjaan) luar biasa Terima kasih, kehadiran pak Dirut dengan Pak Ganjar Pranowo, dalam rangka Hari Buruh ini harapannya coverage kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat,” kata Sinoeng

BACA JUGA:   Anak-anak Menjerit Kesakitan Saat Sunat di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang

Pada kesempatan itu, Ganjar bersama Anggoro menyerahkan santunan kepada tiga ahli waris peserta dengan total manfaat mencapai Rp1 miliar.

Salah satu penerima, yakni atlet para tenis meja kebanggaan Indonesia David Jacobs, yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja beberapa waktu lalu. BPJS Ketenagakerjaan memberikan uang tunai kepada keluarnya, sebesar 48 kali upah dan beasiswa pendidikan bagi dua orang anak maksimal Rp174 juta

“Ini merupakan wujud negara hadir melindungi memastikan kesejahteraan pekerja maupun keluarganya,” kata Anggoro.

Share this Article
Leave a comment