Ad imageAd image

BPBD Cilacap Salurkan Air Bersih ke Desa Terdampak Kekeringan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 824 Views
2 Min Read
Ilustrasi air bersih (Istimewa)

INDORAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kembali menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan pada sejumlah desa.

“Setelah dua pekan tidak ada permohonan bantuan air bersih, sejak akhir pekan kemarin kami kembali menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cilacap Budi Setyawan, Senin (03/06/2024).

Dalam hal ini pihaknya pada hari Sabtu (1/6) menyalurkan bantuan air bersih sebanyak tiga tangki, yakni dua tangki untuk warga Desa Cimrutu di Kecamatan Patimuan, dan satu tangki untuk warga Desa Rawaapu di Kecamatan Patimuan.

BACA JUGA:   PMI Grobogan Salurkan 305.000 Liter Air Bersih Akibat Kemarau

Selanjutnya pada hari Minggu (2/6) pihaknya menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Desa Gintungreja di Kecamatan Gandrungmangu dan Desa Rawaapu di Kecamatan Patimuan, masing-masing sebanyak satu tangki.

“Dengan demikian hingga saat ini kami telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak sembilan tangki untuk warga di lima desa, yakni Desa Bojong di Kecamatan Kawunganten, Desa Karanggintung dan Gintungreja di Kecamatan, serta Desa Cimrutu dan Rawaapu di Kecamatan Patimuan,” katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau warga yang terdampak kekeringan untuk efisien dalam menggunakan air bersih dan memanfaatkan bantuan air bersih tersebut sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:   BPBD Cilacap Sebut 6 Desa Terdampak Kekeringan

Menurut dia, bantuan air bersih tersebut diambil dari sumber air yang layak untuk memenuhi keperluan warga.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya rencana penyaluran bantuan air bersih pada hari Senin (3/6), dia mengatakan untuk sementara belum ada permohonan bantuan air bersih yang diajukan oleh pemerintah desa yang terdampak kekeringan, sehingga belum ada rencana penyaluran bantuan pada hari Senin (3/6).

“Secara kebetulan tadi malam, Alhamdulillah ada hujan, dan biasanya warga di beberapa daerah menampung air hujan itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya.

BACA JUGA:   Kilang Cilacap Salurkan Air Bersih 20 Ribu Liter untuk Wilayah Terdampak Kekeringan

Kendati demikian Budi mengatakan BPBD Kabupaten Cilacap pada prinsipnya siap menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan, asalkan pemerintah desa setempat mengajukan surat permohonan bantuan.

Share this Article