Ad imageAd image

BNNP Jateng Edukasi Siswa Sekolah di Kota Semarang Tentang Bahaya Narkoba

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 819 Views
2 Min Read
Penyuluh dari BNNP Jawa Tengah saat melakukan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba di SDN Grisikdono 2 Kota Semarang, Senin (27/5/2024). (Foto: Dok. BNNP Jateng)

INDORAYA – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah (Jateng) memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada siswa/siswi di SMPN 12 Kota Semarang dan SDN Grisikdono 2 Kota Semarang.

Kegiatan yang digelar pada hari Senin (27/5/2024) ini bertujuan meningkatkan pemahaman pada pelajar terkait bahaya narkoba dan bagaimana pencegahannya. Hasil yang ingin dicapai ialah ketahanan diri antinarkoba pada siswa/siswi dapat meningkat.

Di SMPN 2 Semarang, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda BNNP Jateng Didik Kristiyanto menyampaikan sosialisasi bahaya narkoba dengan judul materi “Ketahanan Diri Remaja Terhadap Narkoba dan Modus Operandi Peredaran Gelap Narkoba”.

BACA JUGA:   Perketat Keamanan Objek Wisata, Polres Batang Periksa Kendaraan Wisatawan

Dia menjelaskan tentang bahaya narkoba yang meliputi penyebab orang yang sudah kecanduan narkoba rela menghabiskan uang untuk narkoba serta cara terhindar dari narkoba. Metode diskusi interaktif digunakan dalam forum ini agar peserta fokus saat sosialisasi berlangsung.

Guru Bimbingan dan Konseling SMPN 12 Semarang, Heru Susetyo berkata, kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sangat memprihatinkan, sehingga dibutuhkan upaya-upaya dan kerja keras untuk menanggulangi permasalahan ini.

Kemudian di tempat kedua, yakni SDN Grisikdono 2, BNNP Jateng yang diwakili Reza Aditya, selaku Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda, mengajak para siswa untuk selalu berkata “Tidak” dan “Jangan Mau” saat diberi apapun oleh orang yang tidak dikenal sebagai upaya pencegahan masuknya narkoba.

BACA JUGA:   Masuk Kampanye Pemilu, FKUB Jateng Ingatkan Agama Jangan Dijadikan Komoditas Politik Praktis

Kepala SDN Gisikdrono 2 Semarang, Agus Ngaderiyanto mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, penyuluhan ini membantu siswa memahami pentingnya menolak apapun dari orang yang tidak dikenal dan mencegah narkoba masuk ke lingkungan sekolah.

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Agus Rohmat mengatakan, kedua kegiatan ini menjadi bagian dari upaya untuk mengedukasi dan melindungi generasi muda dari bahaya narkoba.

“Diharapkan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, siswa-siswi di Kota Semarang semakin memahami dan mewaspadai bahaya narkoba serta mendukung upaya pemerintah memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah,” kata dia.

BACA JUGA:   Peserta Pemilu Boleh Kampanye di Kampus, Aliansi BEM SI Siap Wadahi 3 Capres Saling Adu Gagasan
Share this Article