Ad imageAd image

BMKG Rilis Wilayah yang Paling Rentan Tsunami

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 652 Views
1 Min Read
ilustrasi peringatan tsunami (Istimewa)

INDORAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap Samudra Pasifik jadi wilayah yang paling banyak terjadi tsunami dibandingkan samudra yang lain.

“Samudra Pasifik adalah wilayah paling rentan terjadi tsunami dengan persentase kejadian sebanyak 78 persen dari seluruh tsunami yang pernah tercatat,” jelas BMKG di Instagram-nya, Kamis (20/6/2024).

Angka itu merupakan yang tertinggi dibanding dengan samudra lain yang ada di bumi. Samudra Atlantik dan Laut Karibia hanya sembilan persen. Kemudian Laut Mediterania (6 persen) dan Samudra Hindia sebanyak lima persen.

BMKG menjelaskan hal itu terjadi karena sebagian besar pesisir Samudra Pasifik merupakan zona subduksi yang melepaskan energi seismik bumi.

Kemudian, mengacu pada tsunami travel time Samudra Pasifik dari 1923-1975 oleh NOAA mencatat seluruh wilayah yang terdampak tsunami terjadi di sepanjang pesisir Samudra Pasifik.

Kejadian itu tak lepas dari pesisir Samudra Pasifik yang merupakan kawasan cincin api atau ring of fire dengan tingginya tingkat konsentrasi di sekitar Samudra Pasifik.

Hasil survei geologi Amerika Serikat mencatat sebanyak 90 persen dari seluruh gempa bumi dan 81 persen gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang wilayah ring of fire.

“Gempa tersebut disebabkan oleh pertempuran lempeng Pasifik dengan lempeng di sekitarnya,” ucapnya.

Share this Article