Ad imageAd image

Bertemu CEO Microsoft, Jokowi Minta Buat Pusat Riset di IKN

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 714 Views
1 Min Read
CEO Microsoft, Satya Nadella. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo meminta Microsoft membangun pusat riset di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan Jokowi dengan CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan Jakarta, hari ini. Microsoft mempertimbangkan keinginan Jokowi tersebut.

“Untuk pengembangan nanti juga dari Pak Presiden ingin ada pengembangan riset yang akan kami tindak lanjuti,” kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan pemerintah menawarkan sejumlah lokasi untuk pusat riset Microsoft. Salah satunya di IKN, ibu kota negara baru Indonesia.

BACA JUGA:   Nana Sudjana Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Jateng, DPRD-Pemprov Belum Terima SK

Meski begitu, pemerintah tidak memaksa Microsoft untuk memilih IKN. Ada sejumlah daerah yang juga diajukan untuk lokasi pembangunan.

“Dia ada Asia-Pasific Research Center, salah satunya diminta bangun di Indonesia ada beberapa daerahlah, Bali, IKN,” ujar Budi Arie.

Selain pusat riset, Microsoft juga berencana mengembangkan talenta-talenta digital di Indonesia. Anak-anak muda Indonesia akan dilatih untuk menguasai teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI).

“Mereka mau mecetak 840 ribu orang digital talent khusus AI di Indonesia dalam empat tahun, berarti setahun 210 ribu orang,” ucapnya.

BACA JUGA:   Jokowi Minta Penanganan Korban Kebakaran Depo Plumpang Diprioritaskan
Share this Article
Leave a comment