Ad imageAd image

Berita Mbak Ita Maju Pilwakot Terbit di Website Pemkot Semarang, Kominfo: Harusnya Gak Boleh

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 898 Views
3 Min Read
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang, Soenarto. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya

INDORAYA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang buka suara terkait sejumlah berita berisi majunya Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang terbit di website resmi milik Pemkot, semarangkota.go.id.

Diketahui website tersebut menerbitkan sejumlah berita yang berisi dukungan dari kelompok masyarakat agar Mbak Ita mencalonkan diri sebagai calon wali kota Semarang periode 2024-2029.

Sejak satu minggu lalu, berita berjudul “Mbak Ita Maju Pilwakot, Relawan Mulai Muncul”, “Mbak Ita Dapat Dukungan Lagi Maju Pilwakot dari Organda Kota Semarang”, dan “Banyak Dukungan untuk Mbak Ita Maju Pilwakot Semarang”, dan berita serupa lainnya tayang di website semarangkota.go.id.

BACA JUGA:   Dinas Perdagangan Kota Semarang Pindah ke Gedung eks Bank Danamon, Begini Alasannya¬†

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Diskominfo Kota Semarang, Soenarto membenarkan adanya berita tentang dukungan untuk Mbak Ita maju dalam Pilwakot di website resmi pemilik Pemkot. Namun berita bernuansa politik itu sudah dihapus pada hari Jumat (17/5/2024) lalu.

Dia mengaku bahwa meskipun termasuk informasi publik, berita semacam ini tidak seharusnya diterbitkan di portal resmi milik pemerintah. Atas kejadian ini, pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi kepada tim pengelola website.

“Jumat kemarin langsung kita take-down, walaupun info ini kan info publik, tapi hasil evaluasi itu tidak boleh, nanti menjadi pemberitaan yang abu-abu kan, apakah ini publik apa politis, kan gitu,” kata Soenarto saat ditemui di Kompleks Balai Kota Semarang, Selasa (21/5/2024).

BACA JUGA:   Kasus Corona Kembali Meningkat, DPRD Kota Semarang Minta Vaksinasi Covid-19 Digenjot Lagi

Diskominfo juga bakal menelusuri siapa yang menulis dan memuat pemberitaan tersebut. Karena kalau soal pemberitaan, setiap OPD dan kelurahan memang diberi akses untuk menerbitkan berita di website semarangkota.go.id.

“Karena apakah dari luar, karena admin kan banyak, kelurahan boleh masuk (punya akses di website), ini menjadi evaluasi kami,” ungkap Sunarto.

Lebih jauh, Diskominfo Senarang akan melakukan evaluasi kepada tim pengelola website agar lebih selektif lagi. Pasalnya berita semacam ini bisa memunculkan beragam spekulasi di masyarakat.

“Kadang orang melihat berita itu ini boleh apa tidak boleh kadang ada beberapa istilahnya pemahaman yang berbeda,” kata Soenarto.

BACA JUGA:   Berkah Liburan Natal 2023, Okupansi di Hotel Awann Sewu Meningkat : Didominasi Jabodetabek dan Surabaya

Sementara berdasarkan penelusuran di Google, judul berita dukungan untuk Mbak Ita dalam Pilkada 2024 di website Pemkot masih muncul. Namun ketika judul berita dibuka, halaman muka website hanya menampilkan layar putih dengan tulisan “Ops, kelihatannya ada yang tidak beres,”.

Share this Article