Ad imageAd image

Beras Bansos Dibagikan Ke 21 Juta Penerima Bulan Ini 

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 847 Views
2 Min Read
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menyebutkan pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa beras bulan ini. Bansos ini akan dibagikan kepada 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Pembagian bansos itu merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga meminta agar beras segera disalurkan untuk 3 bulan ini.

Untuk beras yang disalurkan, kata Arief, akan dibagikan sebanyak 10 kilogram (kg) per KPM. Penyaluran bansos, lanjut dia, akan dibagikan oleh Perum Bulog

BACA JUGA:   PWNU Jateng: Ramadan Mendidik Kita Menjadi Pribadi yang Lebih Bijak

“Pak Presiden meminta 3 bulan ini (menyalurkan beras bansos) ke 21,35 juta penerimaan manfaat. Itu 3 bulan ke depan, 10 kilogram (per bulan) itu,” kata Arief di Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (17/3/2023).

“Sebelum puasa harusnya Pak Buwas (Direktur Utama Perum Bulog) sudah bisa menyalurkan,” ujarnya.

Rinciannya, Arief mengungkapkan, 2,4 juta ton untuk cadangan beras pemerintah (CBP). Sedangkan 1,2 juta ton dan sisanya untuk bantuan sosial dan operasi pasar lainnya.

“Bansos itu hanya sebagian kecil yang ditugaskan ke Dirut Bulog. Dirut Bulog itu harus punya stok di akhir tahun 2023 ditransfer 1,2 juta ton. Berarti harus menyerap 2,4 juta ton, karena 1,2 juta ton itu beliau pakai untuk stabilisasi. Ini harus, negara harus punya cadangan pangan pemerintah,” paparnya.

BACA JUGA:   Polri Bakal Berlakukan One Way di Tol Pada Puncak Arus Mudik Lebaran 19-21 April 2023

Senada dengan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) yang mengatakan soal pemerintah akan mulai menyalurkan beras bansos ini sebelum puasa tiba, artinya pada bulan ini.

“Pembelian (dari pabrik beras) itu akan kita gunakan untuk bansos yang ditambahkan. Kita lihat berapa sebenarnya kemampuan ketersediaannya untuk bansos. Sebelum puasa disalurkan, Maret ini sudah penyaluran,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment