Ad imageAd image

Begini Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 820 Views
3 Min Read
Ilustrasi mudik (Dok. Istimewa)

INDORAYA – Kementerian Perhubungan (kemenhub) mulai menyiapkan pendaftaran mudik gratis untuk warga. Adapun rute awal mudik gratis ini akan dibuka dari Jakarta menuju 28 tujuan, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, hingga Sumatera Selatan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Ditjen Darat Kemenhub dalam pengumuman mudik gratis lewat Instagram resmi @ditjen_hubdat.

“Mudik Gratis Bus Kemenhub 2023 kembali hadir dan kalian bisa mulai melakukan pendaftaran pada 13 Maret 2023 – 14 April 2023 (akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi),” tulisnya, dikutip Minggu (12/3/2023).

Sedangkan untuk kembali lagi ke Jakarta, akan ada angkutan gratis dari 8 kota di Pulau Jawa dengan tanggal keberangkatan 18-19 April 2023 mendatang.

BACA JUGA:   Kuota Mudik Gratis Pemprov Jateng via Bus Penuh, Masih Ada Kereta Api dan Kapal

Selain itu, Kemenhub juga menawarkan angkutan sepeda motor gratis. Layanan ini dibuka untuk 5 kota di Pulau Jawa, angkutan motor gratis dibuka pada arus mudik dan arus balik.

Untuk pendaftaran mudik gratis Kemenhub, pendaftar bisa melakukan melalui aplikasi MitraDarat. Calon peserta wajib membuat akun dan login ke aplikasinya.

Adapun tata cara pendaftaran mengikuti mudik gratis kemenhub, pemudik bisa memperhatikan syarat hingga tata cara daftarnya berikut:

Syarat dan Ketentuan

1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, baik KTP, SIM, atau Kartu Keluarga (KK)
2. Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik
3. Peserta yang mengikuti mudik dan balik (pulang pergi), maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan dengan pendaftaran arus mudik
4. Peserta hanya diberikan waktu tujuh hari seteah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan
5. Setelah melewati waktu tersebut peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data dianggap gugur atau hangus dan tidak diperkenankan mendaftar ulang
6. Peserta yang mudik balik dengan sepeda wajib membawa kelengkapan surat kendaraan, dengan penyerahan motor sesuai tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus
7. Peserta dalam keadaan sehat jasmani da rohani saat keberangkatan arus mudik atau balik
8. Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum keberangkatan.

BACA JUGA:   Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023 dengan Kereta dan Kapal

Cara Daftar di Aplikasi

Calon peserta harus sudah login ke aplikasi untuk bisa mendaftarkan diri, berikut caranya:
1. Klik ikon Mudik Gratis di dashboard aplikasi
2. Pilih titik keberangkatan dan tujuan
3. Pilih armada mudik yang sesuai
4. Isi identitas data penumpang
5. Klik selesaikan pesanan

Begini cara mengecek status tiket:
1. Klik ikon Mudik Gratis
2. Klik ikon Tiketku
3. Pilih tiket yang dipesan
4. Pilih lihat QR Code
5. Kode QR Code akan terlampir di aplikasi dan bisa ditunjukkan ke petugas posko validasi tiket

BACA JUGA:   Kemenhub Sediakan 24.073 Kuota Mudik Gratis 2023

Informasi tambahan, masyarakat bisa mendapat informasi lebih lanjut mengenai mudik gratis bus Kemenhub tahun 2023 melalui WhatsApp 0813-2000-8151 atau instagram @ditjen_hubdat.

Share this Article
Leave a comment