Ad imageAd image

Bawaslu Jateng Panggil Kades Pati yang Dukung Kapolda Maju Pilgub, Berpotensi Langgar Netralitas

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 1.5k Views
3 Min Read
Komisioner Bawaslu Jawa Tengah, Sosiawan. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah memanggil kepala desa (kades) di Kabupaten Pati yang mendeklarasikan dukungan untuk Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmas Luthfi, untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Video deklarasi itu viral di media sosial, salah satu akun yang membagikannya adalah @pati.24jam. Karena berpotensi melanggar netralitas, Bawaslu memanggil kades yang terlibat dalam video deklarasi untuk Ahmad Luthfi tersebut.

Komisioner Bawaslu Jateng, Sosiawan mengatakan, selain kepala desa, pihaknya juga memanggil Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) untuk melakukan penelusuran lebih lanjut.

“Ini sedang ditelusuri, sedang dimintai keterangan pihak-pihak yang terlibat, yakni Dispermades Kabupaten Pati, kades yang memandu deklarasi pernyataan dukungan, organisasi atau asosiasi kades dan lainnya,” katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (26/6/2024).

Dia membenarkan bila ada dugaan para kades tersebut melanggar netralitas. Namun, sampai saat ini, masih sebatas dugaan karena sedang didalami lebih lanjut.

“Mau tak mau, peristiwa itu menunjukan ketidaknetralitasan, karena aparatul desa, peemrintahan, TNI-Polri dilarang terlibat dalam kegiatan politik pemilu. Mereka harus netral,” ucap Sosiawan.

Dari peristiwa ini, para kades yang terlibat dalam video tersebut bisa terancam saksi administrari dan pidana bila nantinya memang terbukti tidak netral. Adapun saksi administratif yang dimaksud yakni pemecatan atau pemberhentian.

“Saksi karena melanggar netralitas. Saksi pidana juga bisa. Jadi ada ancaman ke sana, cuma kan itu dalam forum tidak mempengaruhi masyarakat, ada dalib mereka sosialisasi internal, tidak maayarakat, kalau ke masyarakat saksi bisa lebih berat atau maksimal,” katanya.

Lebih lanjut pihaknya mengingatkan agar ASN, TNI/Polri, dan kepala desa untuk bersikap netral dalam Pilkada 2024. Ia juga meminta masyarakat untuk ikut aktif mengawasi proses Pilkada 2024 di Jawa Tengah

“Kepada masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengawasan Pilkada 2024,” tandas Sosiawan.

Sebelumnya viral di media sosial, sejumlah kepala desa di Kabupaten Pati, melakukan deklarasi kepada Kapolda Jawa Tengah (Jateng),  Irjen Pol Ahmad Luthfi, dalam kontestasi Pilgub Jateng 2024.

“Kami kepala desa se Kabupaten Pati dengan ini mendukung penuh kepada bapak Sadewa untuk menjadi Bupati Pati dan kepada bapak Ahmad Luthfi untuk menjadi Gubenur Jateng 2024-2029,” ucap para kepala desa di video yang diunggah @pati.24jam.

Share this Article