Ad imageAd image

Bawaslu Jateng Nilai Bagi-bagi Bansos Jokowi Tak Langgar Pemilu 2024

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 809 Views
2 Min Read
Anggota Bawaslu Jawa Tengah, Nur Kholiq. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Anggota Bawaslu Jawa Tengah, Nur Kholiq, menyatakan bahwa setelah melakukan penyelidikan, pihaknya tidak menemukan adanya pelanggaran pemilu terkait dengan kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembagian bantuan sosial (bansos).

Kholiq mengungkapkan bahwa sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan dengan memberikan imbauan kepada para pejabat negara.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kholiq dalam sidang sengketa hasil Pilpres di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, pada Rabu (3/4/2024). Kholiq dihadirkan sebagai saksi dari Bawaslu RI.

BACA JUGA:   Apel Siaga Kampanye, Bawaslu Jateng Ingatkan Tugas Berat Pengawas Pemilu 2024

“Berkaitan dengan tadi ditanyakan Presiden Jokowi muter-muter bagi bansos, terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pejabat negara teman-teman Bawaslu Provinsi Jawa Tengah sebelum pelaksanaannya selalu melaksanakan kegiatan pencegahan berupa imbauan agar kegiatan apapun tidak ditumpangi sebagai satu bentuk kegiatan kampanye yang melanggar UU 7 Tahun 2017,” ungkap Kholiq.

Kholiq menegaskan bahwa tidak ada laporan atau temuan terkait dugaan pelanggaran yang terkait dengan kegiatan Jokowi di Jawa Tengah. Oleh karena itu, pihaknya menyimpulkan bahwa tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh Jokowi terkait dengan pembagian bansos.

BACA JUGA:   Patroli Pengawasan Bawaslu Jateng di Masa Tenang Pemilu 2024

“Dari hasil pengawasan, tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran pemilu,” tambahnya.

“Selain itu, tidak ada laporan resmi yang diterima oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah,” lanjutnya.

Perlu diketahui, gugatan hasil Pilpres diajukan oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Kedua belah pihak, baik dalam permohonan maupun selama proses pemeriksaan, mengklaim bahwa pembagian bansos oleh Jokowi mempengaruhi kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

BACA JUGA:   Bawaslu Jateng Luncurkan Posko Kawal Hak Pilih dan Komunitas Digital
Share this Article
Leave a comment