Ad imageAd image

Basarnas Semarang Bekali Puluhan Personel SAR Teknik Penyelematan di Gunung dan Hutan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 598 Views
2 Min Read
Basarnas Semarang memberikan pelatihan kepada para personel di Bukit Medini, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. (Foto: Dok. Basarnas)

INDORAYA – Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang atau Basarnas Semarang membekali puluhan anggotanya teknik dan cara penyelamatan di gunung dan hutan. Latihan ini digelar selama tiga hari, mulai dari 5 hingga 7 Juni 2024.

Materi kelas bertempat di Kantor SAR Semarang dan aplikasi lapangan di Bukit Desa Medini Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Latihan ini diikuti oleh 25 rescuer dengan lima orang instruktur dari internal Basarnas Semarang.

Kepala Kantor SAR Semarang Budiono berkata, pembekalan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi personel terkait penyelamatan di gunung dan hutan.

BACA JUGA:   Kepala Basarnas Semarang Diganti, Kini Dipimpin Mantan Kepala Basarnas Medan

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi di bidang Search dan Rescue di gunung hutan dan juga untuk menguji respon time dalam memberikan pelayanan SAR untuk masyarakat yang membutuhkan,” katanya..

Dia juga mengingatkan bahwa kondisi di gunung dan hutan sangat luas dengan kondisi jalur yang terjal, sehingga butuh tenaga fisik dan mental yang kuat. Selain itu, kegiatan di gunung dan hutan harus dilakukan secara terencana dan matang.

“Kepada instruktur yang saya banggakan berikan materi pengetahuan dan keterampilan kepada peserta secara profesional, berkualitas dan jangan lupa safety prosedur,” kata Budiono.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal yang Nekat Lompat ke Laut Karimunjawa Belum Ditemukan

“Untuk para peserta yang saya banggakan laksanakan kegiatan latihan secara sungguh-sungguh, ikuti, pahami materi yang diberikan oleh instruktur dan jangan lupa jaga kesehatan,” beber dia.

Dalam kegiatan ini ada beberapa materi pengetahuan yang diberikan. Di antaranya praktik navigasi darat, komunikasi lapangan, manejemen posko, Explor SAR, penggunaan GPS, slove tandu darurat, dan simulasi pencarian dan pertolongan

“Semoga kegiatan latihan ini dapat perlindungan Tuhan Yang Maha Esa dan bermanfaat bagi diri kita dan masyarakat yang membutuhkan,” tandas Budiono.

BACA JUGA:   Siaga SAR Lebaran, Basarnas Semarang Fokus Siaga di Tempat Wisata Air
Share this Article