Ad imageAd image

Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 Dihelat Akhir Tahun, Targetkan 1.000 Pelari

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 975 Views
4 Min Read
Peluncuran Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 yang digelar di Radjawali Semarang Cultural Center, Semarang pada Senin (27/5/2024) malam.

INDORAYA – Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 bakal dihelat pada akhir tahun ini, tepatnya pada 1 Desember di Magelang, Jawa Tengah. Target gelaran ini bakal diikuti oleh sebanyak 1.000 pelari.

Meski pelaksanaannya masih lama, namun persiapan Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 dilakukan secara matang jauh-hati hari. Pada Senin (27/5/2024), event ini resmi diluncurkan di Radjawali Semarang Cultural Center, Semarang.

Acara peluncuran yang dihadiri oleh sekitar 200 peserta termasuk komunitas lari dan rekan media menandai dimulainya rangkaian menuju perhelatan akbar Bank Jateng Borobudur Marathon 2024. Tahun ini menjadi tahun kedelapan event tersebut digelar.

Adapun tema yang diangkat adalah “Run On, Mark It!”. Tema ini mengajak para pelari dari seluruh Indonesia dan luar negeri untuk menembus batas dan menunjukkan determinasi, melengkapi perjalanan lari mereka, dan meninggalkan jejak serta legacy di Borobudur Marathon.

Hadir dalam peluncuran ini Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An, dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo. Turut hadir pula Direktur Bisnis Harian Kompas Lukminto Wibowo, perwakilan pelari elite dan young talent, dan hadir secara daring Sekjen PB PASI Tigor Tanjung.

BACA JUGA:   Relawan Jokowi dan Gibran Bermanuver, Ganjar: Tidak Apa-apa

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan, semangat “Run On, Mark It!” bukan hanya tentang berlari, tetapi juga tentang semangat pantang menyerah, semangat untuk terus maju, dan semangat untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik.

“Saya yakin semangat ini akan diwujudkan oleh para pelari Bank Jateng Borobudur
Marathon 2024 dan membawa dampak positif bagi Jawa Tengah,” ujar Nana dalam peluncuran Bank Jateng Borobudur Marathon 2024.

Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro mengatakan, Bank Jateng selalu berkomitmen untuk mendukung UMKM dan perekonomian Magelang melalui Bank Jateng Borobudur Marathon 2024.

“Di tahun 2024 ini, kami akan memperluas UMKM yang dilibatkan dan mengadakan program akselerasi bagi para pelaku sektor usaha lainnya. Kami yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan memberikan dampak ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat Magelang,” katanya.

BACA JUGA:   Disporapar Jateng Ungkap Masih Ada Desa Wisata Belum Terjangkau Internet

Sementara itu, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengatakan, masyarakat Magelang siap menyambut gelaran Bank Jateng Borobudur Marathon 2024. Setiap tahun, masyarakat selalu antusias terhadap Borobudur Marathon.

“Setiap tahun, kami selalu disambut antusiasme masyarakat dengan keramahan dan semangat yang tinggi dari masyarakat Magelang. Saya yakin Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang lebih meriah dan berkesan bagi para peserta dan masyarakat Magelang,” ujar Liem.

Kemudian Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo menjelaskan, Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 akan menjadi event yang spesial karena sudah delapan tahun berjalan dan sedang dalam perjalanan menuju satu dekade.

“Banyak hal menarik yang telah dipersiapkan, seperti kegiatan The Tour, The Big Tour, program Bank Jateng Pawone untuk UMKM, program ‘Bank Jateng Young Talent 10K’ untuk atlet muda, dan hadirnya World Athletic Label di tahun ini menandakan kualitas penyelenggaraan yang lebih baik,” kata dia.

BACA JUGA:   Soal Dugaan Pencemaran Nama Baik, Mediasi Syekh Puji- Host Cokro TV Belum Ada Titik Temu

Dalam peluncuran ini, perwakilan pelari juga menyampaikan antusiasmenya dalam menyambut gelaran akbar ini. Elite Runners & Podium 1 Elite Race Borobudur Marathon 2022 Nurshodiq menceritakan pengalamannya pada tahun 2022.

“Berlari di Borobudur Marathon 2022 adalah pengalaman yang luar biasa. Rutenya indah, suasananya meriah, dan dukungan dari masyarakat Magelang sangat luar biasa. Saya sudah tidak sabar untuk kembali berlari di Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 dan menorehkan prestasi yang lebih baik,” kata dia.

Gelaran Bank Jateng Borobudur Marathon 2024 menargetkan 10.000 peserta yang akan berlari di 4 kategori, yaitu Marathon, Half Marathon, dan 10K. Dengan berbagai program dan persiapan matang, event tidak hanya memajukan olahraga, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian dan komunitas lokal.

Share this Article