Ad imageAd image

Banding Dikabulkan, Daniel Frits Aktivis Lingkungan Karimunjawa Bebas dari Penjara

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 793 Views
2 Min Read
Daniel Frits Maurits Tangkilisan, aktivis lingkungan Karimunjawa. (Foto: Dok. Pribadi)

INDORAYA – Daniel Frits Maurits Tangkilisan, aktivis yang memperjuangkan kelestarian lingkungan di Karimunjawa dinyatakan bebas dari penjara usai Pengadilan Tinggi Semarang mengabulkan permohonan banding atas kasus pelanggaran UU ITE yang menjeratnya.

Daniel sebelumnya divonis tujuh bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jepara pada 4 Februari 2024. Dia menjadi terdakwa dalam dugaan pelanggaran UU ITE atas kritiknya terhadap tambak udang ilegal di wilayah Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Atas permohonan banding tim kuasa hukumnya, Pengadilan Tinggi Semarang mengeluarkan Putusan No 374/PID.SUS/2024/PT SMG pada 21 Mei lalu yang membatalkan putusan Pengadilan Negeri Jepara No 14/pid.sus/ 2024/PN Jpa pada 4 April 2024.

BACA JUGA:   Enam Caleg DPRD Jateng dari PDIP Batal Dilantik Gegara Komandante, Diganti Orang Lain

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim yang diketuai oleh Suko Priyowidodo menyatakan bahwa Daniel Frits Maurits Tangkilisan dibebaskan dari tahanan karena terdakwa merupakan pejuang hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

“Menyatakan terdakwa terbukti melakukan perbuatan sebagaimana didakwakan oleh Penuntut Umum, akan tetapi terdakwa tersebut terbukti sebagai pejuang hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat,” bunyi putusan tersebut.

Putusan tersebut juga menyatakan bahwa terdakwa terlepas dari segala tuntutan hukum, memulihkan hak, kedudukan, harkat, serta martabatnya. Putusan itu juga memerintahkan agar Daniel Frits segera dikeluarkan dari tahanan.

BACA JUGA:   Jasa Marga Semarang-Batang Siapkan Derek 24 Jam Gratis untuk Pemudik Mobil Listrik

“Melepaskan terdakwa oleh karena itu dari segala tuntutan hukum. Memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat, serta martabatnya. Memerintahkan terdakwa segera dikeluarkan dari tahanan,” kata majelis hakim dalam putusannya.

Selain itu, majelis hakim juga menetapkan agar barang bukti berupa Handphone Xiaomi Redmi 5 warna hitam serta satu akun facebook bernama Daniel Frits Maurits Tangkilisan untuk segera dikembaikan kepada terdakwa.

“Membebankan biaya perkara kepada negara di kedua lingkungan peradilan,” bunyi putusan tersebut.

Share this Article