Ad imageAd image

Bakti Sosial Kelurahan LPDP Semarang Layani Skrining TBC Hingga Cek Kesehatan Gratis

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 855 Views
2 Min Read
LPDP) Kota Semarang menggelar bakti sosial di Puskesmas Karangdoro, Semarang, Sabtu (4/5/2024).

INDORAYA – Kelurahan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kota Semarang menggelar bakti sosial di Puskesmas Karangdoro, Semarang, Sabtu (4/5/2024). Dua di antara kegiatannya yaitu skrining penyakit TBC dan layanan cek kesehatan gratis.

Kegiatan ini sukses terselenggara berkat kerja sama dengan Sedekah untuk umat Semarang (SKUAT), Foid Klinik Spesialis Luka serta SSR Mentari Sehat Indonesia.

Kegiatan ini dimulai dengan senam pagi dan sarapan bersama, lalu pembagian doorprize. Selanjutnya skrining penyakit TBC, serta cek kesehatan meluputi berat badan, tekanan darah, gula darah, dan asam urat.

BACA JUGA:   Ditinggal Salat Tarawih, Motor Milik Warga Perbalan Semarang Dicuri

Ketua Divisi Sosial dan Pengabdian Kelurahan LPDP Semarang Yovita Aryani, kegiatan ini merupakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa LPDP terhadap angka TBC yang semakin meningkat.

Pada tahun 2023 lalu, kasus TBC di Kota Semarang mencapai 6.527. Karena TBC penyakit menular yang dapat menyebar melalui berbagai cara, kegiatan ini dinilai penting guna mencegah dan membantu masyarakat sekitar.

“Sebagai penerima beasiswa LPDP, sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk turut serta berkontribusi untuk masyarakat sekitar,” kata Yovita.

Lurah LPDP Semarang, Muhammad Deriil P berharap agar bakti sosial ini dapat memberikan dampak positif bagi warga sekitar yang hadir pada acara tersebut.

BACA JUGA:   Menteri Ekonomi ASEAN Gelar Pertemuan di Semarang, Hadirkan 500 Delegasi

“Semoga melalui kegiatan ini masyarakat yang sehat semakin sehat, yang belum terdeteksi segera di temukan melalui skrinning dan yang sedang sakit semakin semangat pengobatannya,” katanya.

Pada sesi skrining TBC, semua warga berpastisipasi dengan baik sesuai dengan antrian yang diberikan panitia. Beberapa warga senang dengan adanya bakti sosial ini. Seperti yang disampaikan oleh bapak Slamet.

“Alhamdulillah, mantap sekali saya sangat terbantu dengan adanya cek TBC dan gula darah ini, apalagi gratis, semoga dapat terus dilakukan, supaya kami juga dapat cek kembali,” kata Slamet, warga Kota Semarang.

BACA JUGA:   Polrestabes Semarang Nyatakan Ibadah Malam Natal dan Natal Berjalan Kondusif
Share this Article
Leave a comment