Ad imageAd image

Badan Geologi Ungkap Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara Berpotensi Tsunami

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 760 Views
2 Min Read
Erupsi Gunung Ruang di Sulut. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Badan Geologi mengungkap potensi tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Pulau Tagulandang, Sulawesi Utara, pada Selasa (30/4). Akibat letusan terbaru ini, status Gunung Ruang dinaikkan dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas).

“Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut atau runtuhnya tubuh gunung api ke dalam laut,” kata Hetty Triastuty, Penyelidik Bumi Madya di Badan Geologi, dalam paparannya, pada Selasa (30/4/2024).

BACA JUGA:   5.574 Warga Dievakusi Dampak Erupsi Gunung Ruang

Dia juga mengingatkan agar masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan para pengunjung atau wisatawan tetap waspada. Mereka diminta untuk tidak masuk ke dalam wilayah dengan radius 7 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Dia juga mengimbau masyarakat yang tinggal di Pulau Tagulandang dalam radius 7 km untuk segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut.

“Selalu gunakan masker untuk melindungi pernapasan dari abu vulkanik,” tambahnya.

Badan Geologi juga meminta pemerintah daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten, untuk terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana di Bandung.

BACA JUGA:   5.574 Warga Dievakusi Dampak Erupsi Gunung Ruang

Gunung Ruang di Sulawesi Utara meletus pada Selasa (30/4) pagi, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar ± 5000 m di atas puncak. Akibatnya, status aktivitas Gunung Ruang naik dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas).

Share this Article
Leave a comment