Ad imageAd image

Astra dan IZI Berikan Layanan Servis Gratis Untuk Motor Yang Mogok Karena Banjir Rob di Semarang

Panji Bumiputera
By Panji Bumiputera 97 Views
3 Min Read
Suasana para pengguna sepeda motor yang mendorong kendaraannya karena terkena banjir rob di kawasan Tanjung Emas Semarang (dok. Titoisnau)

INDORAYA – Untuk membantu masyarakat yang sedang terdampak banjir rob di kawasan pesisir Kota Semarang, Astra Motor Center Semarang memberikan layanan servis gratis bagi pemilik kendaraan yang mogok.

Servis gratis tersebut dilakukan di sebelah kantor Kelurahan Tanjung Mas. Layanan servis gratis ini cukup membantu masyarakat karena tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki kendaraannya.

Kepala mekanik Astra Motor Center Semarang, Yayan Cahyana (40), menyampaikan adanya posko service gratis ini hanya menanggani kerusakan standar atau ringan. Sedangkan untuk kerusakan yang cukup parah, pihaknya akan melakukan penanganan lebih lanjut di bengkel yang berada di Jalan Gajahmada Semarang.

BACA JUGA:   Israel Menolak Menghakimi Tentara Yang Menembak Jurnalis Al Jazeera Yang Ditembak Mati

“Disini (posko service gratis) untuk pertolongan pertama. Kalau nanti ada yang kategori berat (kerusakan) tak bisa dikerjakan disini, nantinya di bawa ke Astra Gajah Mada (Service Center Semarang),” kata Yayan, saat dijumpai dilokasi, Rabu (25/5/2022).

Selama ini, Yayan mengatakan dari puluhan motor yang ada, baru lima yang diketahui memiliki riwayat kerusakan berat. Pasalnya, kelima motor itu disebut memiliki permasalahan diarea kelistrikan.

“Itu berat, butuh ketelitian dieletrik (kelistrikan). Karena banyak yang putus (konseleting), apalagi injeksi, pusat kelistrikanya dari AKI,” terang dia.

Untuk penanganan sendiri, dia menjelaskan pihaknya membutuhkan waktu paling tidak selama 45 menit hingga 1 jam untuk satu montor. Waktu itu pun hanya untuk kategori pertolongan pertama.

BACA JUGA:   Kaesang Sindir Fun Football Antara PSSI dan FIFA

“Sejauh ini masalahnya kebanyakan di enzim, karena kebanyakan kemasukan air. Terus sisanya kelistrikan dan sekring banyak yang putus, itu (kelistrikan dan sekring) masuknya sudah berat sebenarnya, jadi bisa 2 jam untuk analisis itu (kerusakan berat),” jelas dia.

Saat perbaikan biasa, Ia menuturkan mengenai estimasi harga bervariatif tergantung kerusakan yang dialami. Pihaknya biasanya memulai dengan tarif Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu.

“Standar perbaikan ringan sekitar Rp 300 ribuan. Tapi kalau cukup berat, ganti spul dan bagainya bisa Rp 800 ribuan,” beber dia.

BACA JUGA:   Mulai Oktober, Beri Uang Pengemis dan Gelandangan di Semarang Kena Denda Rp 1 Juta

Sementara itu, Staff Program Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng, Nursarudin, mengatakan adanya posko bengkel gratis ini hasil kerjasama dari IZI, Kelurahan Tanjung Mas dan Astra.

Mengenai motivasi yang mencetuskan langkah ini, Nursarudin mengaku adanya bengkel gratis ini, guna meringankan beban teman-teman yang bekerja di Pelabuhan Tanjung Mas. Khususnya bagi mereka yang kendaraan pribadinya rusak karena dampak banjir rob.

“Jadi kami disini membantu dengan service gratis untuk yang rusak atau mogok agar bisa bekerja atau dipakai kembali,” terang Nursarudin.

Share this Article