Ad imageAd image

ASN Banyak Libur Bulan Mei, Ombudsman Jateng Minta Pelayanan Publik Tetap Diperhatikan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 995 Views
2 Min Read
Kepala Ombudsman Provinsi Jawa Tengah, Siti Farida. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Para Aparatul Sipil Negara (ASN) mendapatkan banyak hari cuti atau libur pada bulan Mei 2024. Pada Kamis (23/5/2024) ada libur Waisak 2568 BE, dilanjutkan Jumat (24/5/2024) cuti dan libur pada akhir pekannya.

Sebelumnya pada tanggal 1 Mei 2024 juga libur Hari Buruh Internasional. Kemudian pada 9 dan 10 Mei 2024, ASN juga libur karena bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih dan cuti bersama.

Menanggapi banyaknya hari libur ini,  Kepala Ombudsman Jawa Tengah (Jateng), Siti Farida mengingatkan agar pelayanan publik dapat diperhatikan, terutama pada layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan.

BACA JUGA:   Tingkatkan Kualitas Layanan, PDAM Kudus Luncurkan Aplikasi Tirta Mulia Mobile

Misalnya saat ini sedang memasuki masa ujian sekolah. Farida bilang bahwa ASN guru harus tetap memberikan pelayanan dengan terus mengingatkan kepada siswa.

“Sekarang masa ujian sekolah ya, maka pelayanan dasar pendidikan tetap harus ada yang stand by. Guru bisa membangun komunikasi yang positif bisa melalui grup-grup WhatsApp. Jangan sampai loss lah gara-gara libur panjang karena mau ujian,” katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (22/5/2024).

Farida membeberkan, pada long weekend sebelumnya, yaitu pada hari Peringatan Kenaikan Yesus Kristus, hasil pengawasan Ombudsman Jateng, pelayanan dasar berjalan cukup baik.

BACA JUGA:   3 Partai Ini Dinilai Paling Siap Bertarung di Dapil Jateng 1 Pileg 2024

“Bahkan kami sudah melakukan beberapa kali pengecekan (saat long weekend sebelumnya) pelayanan dasar tetap berlangsung,” ujar dia.

Lebih lanjut, dia menyarankan agar dapat membangun mekanisme pada pelayanan publik dasar. Saat ini Ombudsman Jateng sedang fokus dalam mengawasi kinerja kepegawaian bersama badan kepegawaian daerah (BKD) dan badan kepegawaian nasional (BKN).

“Fokus terkait netralitas ASN, kinerja jelang pilkada hingga cuti bersama,” tutup Farida.

Share this Article