Ad imageAd image

Asal-usul Nama Kereta Argo Merbabu dan Banyubiru

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 1.1k Views
2 Min Read
Asal-usul Nama Kereta Argo Merbabu dan Banyubiru (Foto: PT KAI Daop 4 Semarang)

INDORAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan dua kereta api Argo Merbabu dan Banyubiru. Kedua kereta ini perdana diberangkatkan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Kamis (1/6/2023).

Dalam peluncuran tersebut juga mengulas tentang asal usul nama Kereta Argo Merbabu dan Banyubiru yang diberikan oleh PT KAI.

KA Argo Merbabu terinspirasi dari keelokan pada Gunung Merbabu yang berada di Jawa Tengah.

“Penamaan KA Argo Merbabu terinspirasi dari Gunung Merbabu yang terletak di Jawa Tengah. Pengambilan nama ini didasarkan pada keindahan dan prestise yang melekat pada Gunung Merbabu,” jelas Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat peluncuran di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

BACA JUGA:   KPU Sebut DPS Kota Semarang Berkurang 3.036 Pemilih

Sementara untuk nama kereta api Banyubiru itu sendiri diambil dari nama suatu wilayah yang ada di Kabupaten Semarang, Jateng.

Alasannya memberikan nama kereta api Banyubiru, kata Didiek, daerah itu terkenal memiliki banyak pesona alam yang bisa memikat wisawatan.

“Adapun filosofi pengambilan nama KA Banyubiru berasal dari nama Kecamatan Banyubiru di Kabupaten Semarang yang memiliki keunikan dan pesona alam memikat,” imbuhnya.

Sementara untuk penumpang ingin merasakan dua kereta baru yang dirilis oleh PT KAI, Didiek menuturkan kelas pelayanan di KA Argo Merbabu dan Banyubiru.

BACA JUGA:   PSS Ditahan Imbang PSIS 2-2, Fortes Diganjar Kartu Merah Usai Cetak Gol

“Saat ini, KA Argo Merbabu terdiri dari 8 gerbong eksekutif yang berkapasitas 400 tempat duduk. Serta KA Banyubiru terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi berkapasitas 432 tempat duduk atau 3 gerbong eksekutif dan 6 gerbong ekonomi berkapasitas 630 tempat duduk,” papar dia.

Pada tahap awal atau selama bulan Juni 2023, KA Banyubiru beroperasi pada hari Kamis sampai dengan Minggu, dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

Untuk semakin menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Argo Merbabu Rp200.000, dan KA Banyubiru kelas eksekutif Rp30.000 dan kelas ekonomi Rp20.000. Tarif promo ini berlangsung pada bulan Juni 2023.

BACA JUGA:   Usai KPU Buka Pendaftaran, DPC PDIP Kota Semarang Siapkan 50 Calon Anggota DPRD

“Masyarakat dapat membeli tiket KA-KA baru tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment