Ad imageAd image

Antisipasi Banjir Saat Msuim Hujan, Pemkot Semarang Percepat Pengerjaan Drainase Saluran

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 769 Views
2 Min Read
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Foto: Dokumen Pribadi Dickri Tifani Badi)

INDORAYA – Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Ita) menyebut Pemerintah Kota Semarang terus melakukan percepatan pengerjaan drainase dan “crossing” saluran. Hal itu, dinilai sebagai langkah mengantisipasi banjir ketika memasuki musim hujan.

“Banyak ‘crossing’ dan drainase yang sedang dibangun, salah satunya di Jalan Depok dan Jalan Veteran,” kata Ita, di Semarang, Senin (18/9/23).

Ita juga mengatakan pengerjaan drainase dan “crossing” saluran menjadi salah satu solusi untuk mengurangi potensi genangan air dan banjir ketika musim penghujan. Oleh karena itu, katanya pengerjaan drainase di berbagai lokasi di Semarang terus dikebut di sisa musim kemarau ini.

“Dampak El Nino, di satu pihak membuat kering. Namun, di pihak lain bisa menjadi satu ‘review’, satu monitoring, mempersiapkan dan membangun pengendalian-pengendalian banjir,” jelas dia,

Dia menuturkan target penyelesaian pengerjaan saluran air atau drainase pada awal Desember 2023, tetapi bukan tidak mungkin bisa diselesaikan lebih cepat dari target.

Terkait realisasi pengerjaan drainase, kata Ita, telah mencapai 40,5 persen. Hal itu, katanya, merupakan progres lebih cepat 6 persen dari target yang ditetapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang.

Di sisi lain, Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase DPU Kota Semarang Mochamad Hisam Ashari menyebutkan sejumlah titik pengerjaan drainase. Di antaranya, Jalan Veteran, Jalan Imam Bonjol, Jalan Kedungmundu, Jalan Erlangga, dan “crossing” di Jalan Ahmad Yani, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Depok, Jatisari, dan Tlogosari Wetan.

“Kami sudah memulai sejak bulan Mei lalu, dengan target pertengahan Desember sudah selesai. Diharapkan, setelah pekerjaan saluran dan ‘crossing’ selesai, nantinya tak ada permasalahan banjir dan genangan di ruas jalan tersebut,” papar dia.

Share this Article