Ad imageAd image

Ada 418 Lokasi Penukaran Uang di Jateng dan DIY, BI Siapkan Rp 25 Triliun

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 1k Views
3 Min Read
Kepala Kantor pewakilan BI (KPwBI) Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp25,6 triliun untuk melayani jasa penukaran uang  rupiah menyambut bulan Ramadan dan Hari Idulfitri 2024 di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Kantor pewakilan BI (KPwBI) Jateng, Rahmat Dwisaputra mengatakan, ada sebanyak 418 titik layanan penukaran uang yang tersebar di tiap kabupaten/kota di Jateng dan DIY.

Untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, pihaknya menyiapkan ULE sebesar Rp10,1 triliun. Jumlah ini naik sekitar 13 persen dibandingkan tahun 2023.

“Kegiatan yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini diselenggarakan oleh BI dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat atas uang Rupiah pada periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024,” kata Rahmat dalam keterangan yang diterima Indoraya.news, Jumat (21/3/2024).

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrem di Jateng Hingga 9 Februari, BMKG Minta Masyarakat Waspada Potensi Bencana

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idulfitri ini dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 bertajuk “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”.

Layanan penukaran uang ini dihadirkan oleh KPw BI Jateng dan DIY bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Perbankan serta lembaga terkait lainnya sejak 20 Maret 2024.

Adapun wilayah edarnya meliputi kerja KPwBI Semarang, Solo, Purwokerto, Tegal, dan KPwBI DIY ini untuk memenuhi ketersediaan uang, memberikan layanan kas dan edukasi rupiah.

“Kehadiran uang rupiah yang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan masyarakat melalui layanan kas yang prima diharapkan dapat melengkapi kebahagiaan masyarakat di bulan suci Ramadan,” kata Rahmat.

BACA JUGA:   Dishub Jateng Petakan 6 Titik Rawan Kecelakaan Saat Nataru, 300 Personel Dikerahkan

Mulai 20 Maret sampai 5 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 418 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Khusus Kota Semarang dan sekitarnya, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran uang Rupiah di 91 titik termasuk layanan penukaran uang terpadu pada 25 Maret sa,pai 3 April 2024 di Lapangan Parkir Barat KPwBI Provinsi Jawa Tengah.

“Kemudian di beberapa pertokoan atau pasar tradisional dan beberapa instansi. Selanjutnya mulai tanggal 4-5 April 2024, BI juga menambah lokasi layanan penukaran uang di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di stasiun kereta api,” katanya.

BACA JUGA:   Bongkar Curi Data Nasabah, Polda Jateng Amankan Dua Mantan Karyawan Bank Terkemuka

“Untuk periode tersebut, BI Jateng akan membuka layanan penukaran uang rupiah khusus untuk pemegang tiket atau  pengguna jasa kereta api di Stasiun Tawang serta Stasiun Poncol Semarang,” imbuh Rahmat.

Selanjutnya BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan penggunaan media transaksi nontunai atau QRIS pada saat melakukan penukaran uang, baik melalui kas keliling, layanan penukaran terpadu, maupun BI peduli mudik.

Pihaknya menghimbau masyarakat agar tidak melakukan penukaran uang melalui perantara karena terdapat potensi risiko seperti ketidaksesuaian jumlah nominal uang yang dipertukarkan, kemungkinan menerima uang palsu, serta pungutan biaya yang dikenakan perantara.

Share this Article
Leave a comment