Ad imageAd image

80 Persen Tol Fungsional Solo-Jogja Siap Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Tapi Kecepatan Dibatasi

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 690 Views
2 Min Read
Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy mendampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan mengecek kesiapan jalur tol fungsional Solo-Jogja, Senin (1/4/2024). (Foto: Polda

INDORAYA – Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy menyatakan persiapan jalur Tol Fungsional Solo-Jogja sudah bisa digunakan 80 persen untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Kesiapan yang dimaksud mulai kesiapan kondisi jalan, kesiapan pintu gerbang toll, petugas gerbang tol serta kepadatan kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Ngasem.

“Pengecekan itu kesiapan Tol Fungsional Solo-Jogja untuk digunakan mencapai 85 persen. Dengan demikian jalur tol tersebut siap digunakan selama arus mudik Lebaran 2024 meski dengan kecepatan terbatas,” kata Jerrold saat mendampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan mengecek kesiapan jalur tol fungsional Solo-Jogja, Senin (1/4/2024).

BACA JUGA:   Intens Safari Politik di Akhir Jabatan Gubernur, Pengamat Singgung Etika Politik Ganjar Pranowo

Dalam kesempatan ini, Jerrold menyampaikan situasi dan potensi kerawanan di jalur Tol Fungsional Solo-Jogja.

“Jalur tol secara fungsional tersedia sepanjang 22 kilometer dari Kartasura sampai Ngawen, Klaten. Dapat dilalui dengan kecepatan terbatas yaitu 40-50 kilometer per jam karena masih dalam tahap konstruksi,” jelasnya.

Adapun gerbang tol yang siap difungsikan di GT Ngasem berjumlah 12 Gerbang Tol (GT) dengan rincian 2 GT utama, 6 GT Satelit dan 4 GT Mobile reader. Selama pengecekan, arus kendaraan yang melintas di GT Ngasem terpantau normal dan belum terjadi lonjakan.

BACA JUGA:   Kekerasan Siswa SMP di Cilacap, Pemprov Jateng Beri Pendampingan Hingga Layanan Medis Gratis

“Untuk saat ini kondisi GT toll siap menerima pemudik. Berdasarkan prediksi Kemenhub puncak arus mudik terjadi pada tanggal 6 April. Semoga diwaktu yang telah diprediksi tidak ada penumpukan arus mudik dan tradisi mudik tahun ini aman dan lancar,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment