Ad imageAd image

61 Juta Orang Bakal Masuk Jateng Saat Lebaran, Dishub Siapkan Posko Terpadu

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 890 Views
2 Min Read
Ilustrasi arus lalu lintas saat mudik lebaran. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Sebanyak 61,6 juta orang diprediksi bakal masuk ke wilayah Jawa Tengah (Jateng) selama momen Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024. Jumlah ini sesuai prakiraan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menyambut banyaknya orang yang akan mudik ke Jateng, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jateng telah menyiapkan sejumlah skema, salah satunya dengan membuka 35 posko terpadu.

“Patokan di Kementerian Perhubungan itu 61,6 juta, dari total yang bergerak 193,6 juta. 31,81 persen untuk Jateng,” ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub Jateng, Erry Derima Riyanto.

BACA JUGA:   Dukung Prabowo, Demokrat Jateng Rela Jika Ketum AHY Tak Dipilih Jadi Cawapres

Dia mengatakan, satu posko nantinya akan menangani sembilan bidang pelayanan masyarakat. Posko terpadu dibuka mulai 3 hingga 18 April 2024.

Sembilan bidang itu terdiri dari lalu lintas, transportasi, infrastruktur, energi, kesehatan, kebencanaan, kebutuhan ekonomi dan kebutuhan pokok masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, serta bidang komunikasi dan informatika.

“Posko itu 24 jam dari tanggal 3-18 April. Dibagi 3 shift, setiap shift bertugas sebanyak 20 orang. Anggotanya dari Dishub, kepolisian, dan dinas terkait. Sepeeti dinas dari PU, BPBD, Kominfo, Disperindag, dan lainnya,” ungkap Erry.

BACA JUGA:   Jateng Dikepung Banjir, BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca Guna Kurangi Intensitas Hujan

Selain itu Dishub juga membuka posko di 22 terminal tipa B dan di 6 Balai Wilayah di seluruh Jateng. Yakni di wilayah Eks Karasidenan Semarang, Eks Karasidenan Pati, Eks Karasidenan Surakarta, Eks Karasidenan Magelang, Eks Karasidenan Banyumas, dan Eks Karasidenan Pekalongan.

“Di balai-balai itu juga ada 6 posko yang melakukan monitoring dan patroli, jadi setiap balai selain stanby di posko juga berpatroli di wilayahnya untuk melakukan pantauan dan membantu pengaturan lalu lintas tapi sifatnya patroli,” tandas Erry.

Share this Article
Leave a comment