Ad imageAd image

56 Jemaah Haji Jawa Timur Meninggal Dunia di Arab Saudi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 605 Views
1 Min Read
Ilustrasi jemaah haji yang meninggal. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Sebanyak 56 warga Jawa Timur (Jatim) meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 312 warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, jumlah yang meninggal tersebut sekitar 19% dari jemaah haji Embarkasi Surabaya yang diberangkatkan ke Arab Saudi kemarin.

“Dari data secara nasional ada 312 orang haji se-Indonesia yang wafat di tanah suci. Sementara itu dari Jawa Timur yang meninggal dunia ada sebanyak 56 orang,” ujarnya kepada Beritasatu.com di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Sabtu (29/6/2024).

Rata-rata jemaah haji yang meninggal dunia karena sakit ataupun kelelahan. Sebelum meninggal, jemaah haji sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat di Arab Saudi untuk diberikan pertolongan dan perawatan.

Seluruh jemaah yang wafat, ibadah hajinya telah dibadalkan atau diwakilkan petugas haji. Sementara itu, ahli waris akan mendapat asuransi sebesar biaya perjalanan ibadah haji sekitar Rp 60 juta.

Share this Article