Ad imageAd image

51 Jemaah Haji RI Dirawat, Didominasi Jantung-Demensia

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 934 Views
1 Min Read
Ilustrasi jemaah haji (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Sebanyak 51 jemaah haji dirawat Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Mereka yang dirawat umumnya menderita jantung, paru dan demensia.

Kasi Kesehatan Daker Madinah Thafsin Al Farizi mengatakan, total jamaah yang masih dirawat sebanyak 51 orang. Rinciannya di KKHI Madinah sebanyak 38 orang dan di RSAS sebanyak 13 orang.

“Penyakit yang mendominasi gangguan jatung, paru dan dementsa,” ujarnya, Sabtu (27/5/2023).

Sementara itu, Ahli Gizi Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (PKP3JH) Petugas Haji Indonesia Heri Kusdianto mengatakan, jemaah haji harus menjaga kesehatan. Caranya dengan mengonsumsi makanan dan banyak minum air.

BACA JUGA:   15 Jemaah Haji Meninggal di Arab Saudi, Mayoritas Sakit Jantung Koroner 

“Minumlah beberapa teguk setiap jam meski tidak merasakan haus. Menjaga pola makan yang baik juga bisa membantu menjaga kesehatan jemaah,” katanya.

Menurut dia, saat ini cuaca di Madinah cukup panas. Untuk itu, jemaah haji harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Cuaca siang hari yang panas dan aktivitas fisik yang banyak tentunya membutuhkan asupan cairan yang cukup.

 

Share this Article
Leave a comment