Ad imageAd image

50 Persen Caleg dari Kalangan Milenial, PKB Jateng Incar 30 Kursi Parlemen

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 1 View
3 Min Read
Wakil Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Denny Septiviant. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah (Jateng) mengirim sebanyak 120 calon anggota legislatif untuk bertarung dalam kontestasi Pileg 2024. Menariknya, hampir 50 persen caleg PKB berasal dari kalangan anak muda atau kalangan milenial berusia 30 hingga 45 tahun.

Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Jateng, Denny Septiviant mengatakan, dipilihnya anak muda dalam perebutan kursi DPRD Jateng ini untuk menggaet pemilih pemula. Pihaknya menyadari porsi pemilih dari generasi muda mendominasi di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Hampir 50 persen lebih caleg kami anak anak generasi milenial, baik usia di bawah 30 atau bahkan yang 30-45 hampir 50 persen lebih caleg kami di usia itu,” katanya saat ditemui usai mengisi acara di RRI Semarang, Senin (30/10/2023).

Sementara berdasarkan data dari KPU Jateng, jumlah DPT Jateng di Pemilu 2024 ditetapkan sebanyak 28,2 juta pemilih. Dari total ini, pemilih muda (generasi milenial dan generasi Z) jumlahnya mencapai 52 persen.

“Makanya partai kami ini membuka diri dan penting bahwa pkb ini sudah membuka peluang kepada teman teman muda ini untuk aktif dalam PKB,” beber Anggota Komisi A DPRD Jateng tersebut.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman mengatakan, saat ini partainya memiliki 20 kursi di DPRD Jateng periode 2019-2024. Pada Pileg 2024 kali ini, PKB menargetkan 30 kursi parlemen.

“Targetnya 30 kursi, kalau kemarin kita 20 kursi, tahun ini 30 kursi. Jumlah calegnya 120 lengkap dari seluruh Dapil,” ujarnya saat ditemui usai Rapat Paripurna di Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (25/10/2023).

Dia mengatakan, para caleg tidak hanya difokuskan untuk pemenangan legislatif. PKB Jateng sudah memberi instruksi kepada seluruh caleg untuk mengenalkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

PKB menargetkan pasangan Anies-Imin yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan bisa memperoleh 50 persen suara pemilih di Jateng dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Kami instruksikan kepada kader, yang caleg-caleg terutama, lalu kemudian struktur, untuk terus melakukan upaya kemenangan sampai ke tingkat grass roat begitu, jadi kita melakukan upaya-upaya sampai ke pemilih, basis masa dan seterusnya,” ucap Wakil Ketua DPRD Jateng tersebut.

Share this Article