Ad imageAd image

48 Anggota Panwascam di Semarang Dilantik, Diminta Jaga Integritas dalam Pengawasan Pilkada

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 846 Views
3 Min Read
Prosesi pelantikan anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kota Semarang, Jumat (24/5/2024). (Foto: Dok. Bawaslu)

INDORAYA – Sebanyak 48 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kota Semarang mengikuti pelantikan pada Jumat (24/5/2024). Pengawas diminta untuk menjaga integritas selama proses pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman mengatakan, sebelumnya pihaknya melaksanakan seleksi calon Anggota Panwascam yang dilakukan melalui dua metode. Yaitu existing dan seleksi untuk penambahan melalui pembukaan pendaftaran secara terbuka.

Sehingga dari proses ini menghasilkan sebanyak 22 orang anggota Panwascam existing yang dinyatakan memenuhi syarat serta sebanyak 26 orang calon anggota Panwascam dari jalur seleksi pendaftaran baru.

“Kami mengucapkan selamat kepada 48 Anggota Panwaslu Kecamatan yang telah terpilih, semoga dapat mengemban tugas-tugas pengawasan kedepan dengan amanah dan berjalan dengan lancar sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Indoraya.news, Sabtu (25/5/2024).

BACA JUGA:   Mayat Pria Ditemukan Mengambang di Sungai Banjir Kanal Barat Semarang

Arief berpesan agar anggota Panwascam terpilih nantinya dapat terus melakukan peningkatan kapasitas secara cepat, segera menyesuaikan diri dan selalu berkoordinasi karena tugas-tugas sudah menanti.

Salah satunya adalah wawancara untuk calon anggota Panwaslu Kelurahan yang lolos hasil seleksi administrasi. Selain itu, anggota Panwascam juga diminta untuk menjaga integritas dalam pengawasan Pilkada 2024.

“Besar harapan kami dalam proses penyelenggaraan pemilihan nanti, dapat berjalan dengan lancar, amanah, dan harus tetap menjaga integritas sebagai pengawas. Apa yang sudah dikoordinasikan agar dapat dipedomani dan harus berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” imbuh Arief.

BACA JUGA:   Ikut Senam di Kandri Gunungpati Semarang, Mbak Tunjung Malah Jadi Buruan Foto Bersama Warga

Asisten Pemerintahan Kota Semarang, Muhammad Khadik berpesan agar 48 Panwascam yang baru saja dilantik untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dia juga menekankan pentingnya menjaga integritas.

“Ibu Walikota Semarang berpesan semoga Panwaslu Kecamatan yang terpilih ini dapat selalu menjaga integritas karena merupakan ujung tombak pengawas di tingkat kecamatan sehingga dapat mengawal jalannya penyelenggaraan pemilihan di Kota Semarang,” ucapnya.

Khadik menambahkan, harapannya pengawas dapat bekerja sesuai dengan peraturan Perndang-undangan yang berlaku. Jika selalu berpedoman pada peraturan yang berlaku maka tidak ada yang berani mengganggu kerja-kerja dari Panwaslu Kecamatan.

BACA JUGA:   Masuk Puncak Kemarau, PDAM Tirta Moedal Semarang Jamin Ketersediaan Air Bersih Tetap Stabil

“Tetap jaga netralitas dan integritas, serta harus terus menambah pengetahuan terkait dengan peraturan Pilkada sehingga pesta demokrasi di Kota Semarang dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan kondusif sehingga setiap tahapan dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Setelah dilantik, Panwascam langsung diberikan pembekalan terkait dengan pengawasan Pilkada 2024 hingga tugas dan fungsi panwascam. Setelah itu Panwascam turun ke wilayahnya masing- masing untuk berkoordinasi dengan stakeholder yang ada agar tahapan Pemilu yang sedang berjalan tidak mengalami kendala dan berjalan dengan lancar.

Share this Article