Ad imageAd image

418 Bacaleg Jalani Tes Kesehatan di RSUD Kudus

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 873 Views
2 Min Read
418 Bacaleg Jalani Tes Kesehatan di RSUD Kudus. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Sebanyak 418 bakal calon anggota legislatif (caleg) menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah sejak 29 April 2023 hingga 9 Mei 2023.

“Dari ratusan bakal caleg tersebut, semuanya dinyatakan sehat jasmani maupun rohani serta tak ada yang dinyatakan positif narkoba dari hasil tes NAPZA (Narkoba, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya) yang harus dijalani masing-masing bakal caleg,” kata Pelaksana tugas Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus Mustiko Wibowo di Kudus, Selasa (09/05/2023).

Selain menjalani tes kesehatan bebas dari NAPZA, kata dia, masing-masing bakal caleg juga menjalani tes kesehatan jasmani dan tes rohani (jiwa). Sedangkan bakal caleg yang mengurus surat kesehatan tidak hanya dari Kudus, melainkan ada 36 bakal caleg dari Jepara.

Sementara hari ini (9/5/2023), kata dia, masih ada 93 bakal caleg yang menjalani tes kesehatan, sekaligus layanan tes kesehatan secara kolektif yang terakhir.

“Hari berikutnya, ketika ada yang membutuhkan layanan tes kesehatan akan dilayani seperti halnya layanan kesehatan regular bersama pasien umum lainnya,” ujarnya.

Terkecuali, imbuh dia, yang membutuhkan pelayanan sangat banyak, akan dilayani dengan disiapkan tempat di ruang aula pertemuan. Sedangkan petugas yang sebelumnya melayani secara kolektif kembali ke unit tugas masing-masing, karena keterbatasan jumlah personel.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kudus Tri Erna Sulistyawati mengungkapkan 45 bakal caleg dari Golkar sudah mengurus surat kesehatan sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPRD pada Pemilu 2024.

“Mudah-mudahan, jumlah perolehan kursi di Pemilu 2024 bisa bertambah dari sebelumnya tujuh kursi menjadi 12 kursi,” ujarnya.

Share this Article