Ad imageAd image

30 UMKM Kendal Dipersiapkan Go Internasional

Kartika Ayu
By Kartika Ayu 81 Views
1 Min Read
Bupati Kendal Dico M Ganinduto, saat meninjau sekaligus meresmikan rumah produksi UMKM di Desa Payung Kecamatan Weleri, Selasa (1/3/2022)

INDORAYA – Dalam rangka mempersiapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk go internasional, Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus mendata UMKM yang ada di Kabupaten Kendal.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, saat meninjau dan meresmikan pembangunan rumah produksi UMKM di Desa Payung Kecamatan Weleri, Selasa (1/3/2022).

Menurutnya, ini dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal, sehingga dinas terkait ditarget mendata 66.000 pelaku usaha pada tahun 2022 ini.

Dico mengatakan, saat ini sudah ada 30 UMKM Kendal yang dipersiapkan untuk bisa ekspor produknya masing-masing.

Dirinya juga berharap, semua persiapan segera rampung agar para pelaku UKM bisa mulai ekspor produk di tahun 2022 ini.

“Saat ini, mereka sedang mengikuti pelatihan dan bimbingan bersama LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia),” terang Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal, Ferinando RAD Bonay menjelaskan, baru sebagian UKM yang sudah melakukan ekspor produk ke mancanegara.

Dirinya juga menyadari masih ada banyak pelaku usaha di Kabupaten Kendal yang belum terdata, namun mempunyai potensi untuk maju.

“Saat ini baru ada 33.000 pelaku usaha kecil dan menengah yang terdata. Mereka butuh dorongan pemerintah daerah melalui pelatihan dan bantuan stimulus untuk pengembangan karya,” ujar Ferinando. (IR).

Share this Article