Ad imageAd image

234 Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia di Arab Saudi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 3 Views
2 Min Read
Ilustrasi jemaah haji yang meninggal. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda melaporkan sebanyak 234 jemaah haji asal Indonesia telah meninggal dunia di Arab Saudi hingga hari ini, Senin (24/6/2024) atau hari ke-44 operasional ibadah haji.

“Data dari Siskohat pada pukul 07.46 WIB, jemaah haji Indonesia yang wafat berjumlah 234 orang,” kata Widi dalam siaran konferensi pers di kanal YouTube Kemenag, Senin.

Widi menjelaskan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah membuka kesempatan berupa pemulangan lebih cepat atau tanazul bagi jemaah haji Indonesia. Tanazul ini diberikan kepada para jamaah haji yang memang sudah melaksanakan semua prosesi rukun dan wajib haji

“Untuk program ini PPIH beri prioritas kepada jemaah lansia risiko tinggi untuk pulang lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya,” kata dia.

Widi merinci ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan layanan tanazul ini. Pertama, PPIH kloter atau PPIH Arab Saudi bisa menyampaikan nama-nama jemaah untuk dipulangkan sesegera mungkin karena kondisi kesehatan. Tentunya kondisi ini harus diverifikasi oleh tenaga kesehatan.

Cara kedua, jemaah haji bisa mengajukan secara tertulis kepada bagian pemulangan di PPIH Makkah dan Madinah dengan cantumkan alasan ingin dipulangkan lebih cepat.

“Selanjutnya PPIH akan verifikasi alasan yang diajukan. Apalah cukup alasan yang dimaksud untuk di tanazul-kan atau tidak,” kata dia.

Share This Article