Ad imageAd image

2 Pelaku Penganiaya Santri Kediri hingga Tewas Divonis 6,5 Tahun Penjara

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 605 Views
2 Min Read
Ilustrasi tahanan. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Dua terdakwa kasus penganiayaan Bintang Balqis Maulana (14), santri PPTQ Al-Hanifiyyah Kabupaten Kediri hingga meninggal dunia, divonis hukuman 6 tahun 6 bulan penjara. Mereka ialah AK (17) asal Surabaya, dan sepupu korban AF (16) asal Bali.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, Divo Ardianto menyatakan perbuatan kedua terdakwa tersebut secara sah terbukti bersalah dan memenuhi unsur pidana Pasal 80 ayat (3) UU Perlindungan Anak.

“Mengadili anak berhadapan dengan hukum (ABH) saudara AF dan AK pidana 6 tahun 6 bulan penjara dikurangi masa hukuman yang sudah dijalani,” kata Hakim, Rabu (27/3/2024).

Vonis yang dijatuhkan hakim kepada AF dan AK itu satu tahun lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang seberat 7 tahun 6 bulan penjara.

JPU Nanda Yoga Rohmana mengatakan atas putusan tersebut ia akan lebih dulu berkonsultasi kepada pimpinan untuk menentukan sikap dan langkah selanjutnya.

“Kami akan konsultasikan untuk menentukan sikap tujuh hari ke depan,” kata Nanda.

Namun, menurutnya, pemberian maaf dari ibu korban menjadi salah satu pertimbangan majelis hakim untuk memberi putusan lebih ringan dari tuntutan JPU.

Sementara itu, Penasihat Hukum terdakwa Muhammad Ulinnuha mengatakan masih pikir-pikir atas hasil putusan majelis tersebut.

“Kita masih pikir-pikir mempunyai waktu 7 hari untuk mengkoordinasikan dengan keluarga dan anak. Kami akan berpikir putusan 6 tahun lebih 6 bulan tersebut,” kata Ulin.

Share this Article
Leave a comment