Ad imageAd image

2.166 ASN Pemprov Jateng Bakal Pensiun Tahun Ini, 62 Persen Guru

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 760 Views
2 Min Read
Ilustrasi pegawai ASN. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Sebanyak 2.166 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dipastikan bakal pensiun pada tahun 2024 ini. 62 persennya adalah seorang guru.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Rahmah Nur Hayati, dari total 2.166 ASN yang akan pensiun,  jabatang fungsional guru tercatat paling banyak mencapai 1.344 orang atau 62 persen. Meski demikian, ia enggan merinci secara detail 2.166 ASN tersebut.

“Itu (ASN yang pensiun 2024) data cutt off 31 Desember 2023, golongan I, II, III yang pensiun memang ada. Namun paling banyak pensiun guru, ada 1.344, tapi bukan yang kedinasan pendidikan loh ya, yang JF (jabatan fungsional),” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (26/1/2024).

BACA JUGA:   ASN di Jateng Diminta Tidak Usah Takut Laporkan Harta Kekayaan

Oleh sebab itu, kata Rahmah, tidak menutup kemungkinan guru akan mendapatkan formasi CPNS lebih banyak tahun ini. Mengingat, jumlah yang pensiun mencapai 62 persen dari total 2.166 ASN.

BKD Jateng akan membuka perekrutan CPNS pada Mei 2024 nanti. Hingga saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari pusat.

“Kita belum diberikan berapa formasi yang akan diberikan. Kita masih pada tahapan merekap dan saat ini kita masih mendata kebutuhan PNS dulu. Jadi masih menunggu arahan lanjutan dari pusat,” ungkap Rahmah.

BACA JUGA:   Uang Pungli Tak Masuk Kantong Pribadi, Kepala SMKN Sale 1 Rembang Kembali Menjabat

Lebih lanjut dia berharap pembukaan CPNS yang dilakukan tiga gelombang di tahun 2024 ini benar-benar bisa menutup kekosongan yang telah pensiun. Tujuanya tidak lain adalah supaya pelayanan kepada masyarakat tetap bisa optimal.

“Kalau dari BKN harapanya kan dari sisi jumlah, jenis, fungsional atau lainya bisa memadai (kuotanya). Kemudian dari sisi pemenuhan juga tidak hanya dari CPNS, ada pengangkatan dan mutasi kan, tapi nanti kita lihat saja kedepanya bagaimana,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment