Ad imageAd image

18 Juta Orang Diprediksi Masuk Jateng Saat Lebaran, Heri Pudyatmoko Ingatkan Potensi Kemacetan dan Kecelakaan

Panji Bumiputera
By Panji Bumiputera 915 Views
2 Min Read
Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko.

INDORAYA – Akses transportasi di Jawa Tengah (Jateng) perlu menjadi perhatian pada saat libur Hari Raya Idulfitri atau Lebaran tahun 2024. Pasalnya sebanyak 18,23 juta orang diprediksi bakal masuk wilayah provinsi tersebut selama Lebaran.

Menghadapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko mengingatkan potensi kemacetan dan kecelakaan. Pemerintah dan jajaran kepolisian diminta menyiapkan langkah antisipasi menyambut lonjakan kendaraan selama libur Lebaran.

“Sektor transportasi ini perlu perhatian selama momen Lebaran tahun ini. Mobilitas kendaraan akan tinggi. Sehingga antisipasi kemacetan harus segera disiapkan untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas,” katanya.

BACA JUGA:   Pasar UMKM Tangguh Cepu Blora Layani Penjualan Secara Digital

Heri meminta Dinas Perhubungan maupun Satuan Lalu Lintas untuk menerjunkan personilnya dan melakukan penjagaan di titik-titik rawan macet. Seperti di exit tol, pasar tumpah, tempat wisata, dan pusat oleh-oleh.

“Potensi kemacetan ada di area wisata, pusat perbelanjaan, pasar tumpah. “Di lokasi atau titik-titik yang rawan terjadi kemacetan itu perlu dijaga dan dipantau terus kondisi arus lalu lintasnya,” ungkap Heri.

Dia menegaskan, Dishub dan Satlantas juga perlu menyediakan kantong parkir di bahu jalan dan menerapkan larangan parkir sembarangan. Selain itu perlu memasang water barrier di sejumlah titik untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas.

BACA JUGA:   Giliran DPC Gerindra Kendal Laporkan Pemilik Akun Youtube “Bang Edy Channel” ke Polisi

“Kalau kemacetan bisa diatasi itu bisa mengurangi atau meminimalisir risiko kecelakaan. Selain itu masyarakat juga harus tetap mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan mudik lebaran,” ucap dia.

Selain itu, Heri juga mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan saat libur Lebaran ini untuk selalu waspada dan hati-hati. Apabila merasa lelah ataupun mengantuk, pemudik diimbau beristirahat dulu di rest area.

“Tentunya kita harus sama-sama memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa melakukan perjalanan mudik dengan lancar dan sampai di rumah dengan kondisi aman dan selamat,” tandas Heri. [Adv-Indoraya]

BACA JUGA:   Mal Pelayanan Publik Kota Magelang Siap Dibuka 26 Januari 2022
Share this Article
Leave a comment