Ad imageAd image

10 Desa di Demak Pemilu Susulan Imbas Banjir, Ratusan Polisi Siap Mengamankan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 940 Views
2 Min Read
Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: Dok. Antara Foto)

INDORAYA – Sebanyak 10 desa di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, bakal melakukan pemungutan suara atau Pemilu susulan pada 24 Februari 2024 imbas banjir yang melanda wilayah tersebut sejak awal bulan lalu.

Menghadapi Pemilu susulan ini, Polres Demak bakal menyiagakan sebanyak 518 personel untuk mengamankan TPS di 10 desa do Demak tersebut.

“Kami siap melaksanakan pengamanan PSS (pemungutan suara susulan) yang akan diselenggarakan Sabtu (24 Februari) nanti,” kata Kapolres Demak, AKBP Muhammad Purbaya, saat dihubungi wartawan, Kamis (22/2/2024).

BACA JUGA:   Hasil Rekapitulasi Nasional, Prabowo-Gibran Unggul di 29 Provinsi

Dia mengatakan, pemungutan suara susulan dilakukan karena adanya bencana banjir yang melanda Kabupaten Demak, khususnya pada 10 desa di Kecamatan Karanganyar.

10 desa itu meliputi Karanganyar, Wonorejo, Ketanjung, Cangkring Rembang, Cangkring, Jatirejo, Wonoketingal, Ngemplik Wetan, Undaan Lor dan Undaan Kidul. Di sana ada sebanyak 27.669 pemilih di 114 TPS.

AKBP Purbaya mengatakan, di10 desa itu, petugas kepolisian akan diminta tetap melakukan pengamanan dan pengawalan agar pelaksanaan Pemilu nantinya bisa berjalan aman, lancar dan sukses.

“Kesuksesan Pemilu ditandai dengan partisipasi masyarakat yang tinggi, sutuasi kondusif sebelum dan sesudah pencoblosan bahkan hingga terpilih pemimpin yang sah,” ujarnya.

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran di Jawa Timur Capai Suara Sementara 66,34%

“Di sini lah peran dan tantangan sebagai petugas pengamanan yang harus kita hadapi,” ungkap AKBP Purbaya.

Adapun langkah Polres Demak yakni melakukan antisipasi terhadap potensi-potensi gangguan yang terjadi di TPS. Termasuk mengawal petugas Pemilu agar menjalankan tugasnya dengan baik, bersikap adil, dan netral.

“Dalam mengantisipasi kerawanan gangguan Kamtibmas di seluruh TPS yang melaksanakan PSS, kami terapkan pola 2:1:1:2 yang artinya 2 polisi mengamankan 1 TPS dibantu 1 TNI dan 2 Linmas,” ujar dia.

Tidak hanya itu, Polres Demak telah menyiapkan 518 personel yang akan melaksanakan pengaman TPS bersama TNI dan Linmas. Pihaknya menegaskan jika tugas pengamanan Pemilu adalah tugas bersama TNI, Polri, Pemkab dan juga masyarakat.

BACA JUGA:   KPU Banyumas Sebut 488 Warga Ajukan Pindah Pemilu

“Untuk itu, seluruh stakeholder harus tetap solid, meningkatkan sinergitas dan kordinasi yang baik untuk mewujudkan situasi kondusif,” tandas AKBP Purbaya.

Share this Article